15 Manfaat Belajar Ilmu Komunikasi Untuk Anak Muda

Pendidikan955 Dilihat

Mudabicara.com_ Manfaat belajar ilmu komunikasi untuk anak muda tentu beragam. Komunikasi merupakan satu aktivitas yang melibatkan dua orang atau lebih. Dalam komunikasi terjadi pengiriman dan penerimaan pesan dari komunikator terhadap komunikan.

Pengertian lebih jauh tentang komunikasi adalah suatu proses atau upaya membangun pengertian antara manusia satu dengan manusia yang lainnya, dengan tujuan untuk mendapatkan kesamaan pemahaman mengenai suatu hal.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Sejarah Untuk Anak Muda

Kali ini mudabicara ingin mengulas lebih dalam manfaat belajar ilmu komunikasi dan penegrtian ilmu komunikasi. simak ulasan berikut ini :

Pengertian Ilmu Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Raymond S. Ross

Raymond S. Ross berpendapat komunikasi adalah proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol. Proses tersebut dilakukan agar dapat membantu pendengarnya untuk membangkitkan makna atau respons yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator dari pikirannya. Sehingga dari proses itu muncul satu kesimpulan yang sama sebagai sebuah pemahaman.

2. Onong Uchjana Effendy

Menurut Onong Uchjana Effendy, komunikasi adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan seseorang kepada orang lain, dengan tujuan untuk memberitahukan. Selanjutnya dengan komunikasi dapat mengubah sikap, pendapat atau perilaku orang tersebut. Penyampaian pesan dapat dilakukan secara lisan (langsung) maupun melalui media (tidak langsung).

3. Deddy Mulyana

Dalam bukunya Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Deddy Mulyana mendefinisikan komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keterampilan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang atau kata-kata, gambar, bilangan, grafik dan lain sebagainya.

4. Harorl D. Lasswell

Harorl D. Lasswell mengemukakan bahwakomunikasi pada dasarnya merupakan proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa dan dengan akibat atau hasil apa.

BACA JUGA : Mengenang Perlawanan Wiji Thukul Lewat ā€œPuisi Untuk Adikā€

5. Agus M. Hardjana

Menurut Agus M. Hardjana, komunikasi adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain melalui media tertentu.

Setelah pesan tersebut diterima dan dipahami sejauh kemampuannya, penerima pesan kemudian menyampaikan tanggapanĀ  melalui media tertentu pula kepada penyampai pesan.

6. David K.Berlo

Dalam buku Pengantar Ilmu komunikasi karangan Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc, David K. Berlo mendefinisikan komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial yang berguna untuk mengetahui dan memprediksi sikap orang lain, serta mengetahui keberadaan diri sendiri.

Komunikasi meiliki tujuan untuk menciptakan keseimbangan dalam masyarakat agar dapat saling memahami dan menghormati.

7. Frank E.X. Dance

Menurut Frank E.X. Dance komunikasi adalah proses dimana melalui proses ini seseorang (komunikator) dapat menyampaikan stimulus dengan tujuan untuk merubah atau membentuk perilaku orang lain (komunikan).

8. Forsdale

Menurut Frosdale, komunikasi adalah suatu proses dimana sebuah sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan satu tujuan, yaitu agar sinyal-sinyal yang dikirim dapat diterima dan dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

9. Redi Panuju

Menurut Redi Panuju, pengertian komunikasi adalah sistem aliran yang menghubungkan, dan kinerja antar bagian didalam sebuah organisasi, yang menghasilkan adanya suatu sinergi.

10. Everett M. Rogers

Dalam buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Everett M. Rogers mendefinisikan komunikasi sebagai proses pengalihan ide dari sumber ke penerima, dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku penerima tersebut.

BACA JUGA : 10 Tips for Changing Habits Better

Manfaat Belajar Ilmu Komunikasi Untuk Anak Muda

1. Mempermudah memberikan informasi

Fungsi komunikasi yang utama adalah memberikan informasi. Informasi sendiri akan diberikan pada subjek komunikasi kepada orang yang menjadi objek komunikasi tersebut. Alhasil kita dapat menemukan sesuatu dari apa yang kita cari atau maksud.

2. Mempermudah menyampaikan pikiran dan pendapat

Komunikasi juga berfungsi untuk menyampaikan pikiran, perasaan atau pendapat seseorang. Pendapat tersebut kemudian disampaikan dalam bentuk komunikasi yang diterima orang lain.

3. Mempermudah untuk berinteraksi

Komunikasi adalah cara untuk berinteraksi dengan orang lain dan sesama. Adanya komunikasi membuat terjadinya sebuah interaksi sosial antara dua orang atau lebih untuk saling memahami.

4. Menambah wawasan dan pengetahuan

Manfaat berikutnya yakni adanya komunikasi juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Komunikasi memiliki fungsi edukasi yang bisa membuat terjadinya transfer ilmu, wawasan atau pengetahuan tertentu, yang kemudian adanya komunikasi dalam hal wawasan dan pengetahuan menjadi sangat penting.

5. Menjaga diri untuk tidak terisolasi di Masyarakat

Komunikasi berfungsi agar seseorang tidak terasing dalam sebuah lingkungan masyarakat. Membangun komunikasi dalam masyarakat menjadi sangat penting karena menjadi bekal kita untuk bermasyarakat.

Selain itu, Komunikasi dapat menjaga diri kita agar tetap menjadi bagian dari sebuah kelompok masyarakat yang majemuk.

BACA JUGA : 7 Principles How to Treat People Right

6. Memotivasi orang lain

Manfaat komunikasi adalah untuk memotivasi orang lain mencapai tujuan yang menjadi cita-citanya. Komunikasi yang baik baik ucapan atau tulisan penting agar dapat memberi dorongan dan motivasi orang lain untuk menjadi lebih baik.

7. Mengekspresikan emosi

Sering kali manusia ketika memiliki suatu masalah atau problem cenderung diam. Emosi dalam jiwa sering kali terus mengendap tanpa bisa untuk meluapkan atau mengekspresikan.

Maka, ada baiknya kita meluapkan emosi dan perasaan kita, salah satu caranya adalah dalam wujud komunikasi.

8. Menghindari kesalahpahaman

Pentingnya belajar ilmu komunikasi dalam keseharian adalah melatih agar dapat memahami maksud dan tujuan orang lain saat berkomunikasi dengan kita.

Dalam bermasyarakat sering terjadi hal-hal yang dapat membuat salah paham yang berujung konflik dan permusuhan. Semuanya bisa selesai dengan baik asal dapat melakukan komunikasi dua arah agar saling memahami.

9. Memperkuat dan menjaga hubungan dengan baik

Komunikasi penting dalam menjaga hubungan baik. Hal ini berlaku pada semua sektor, dari mulai individu ke individu lain hingga kelompok ke kelompok, termasuk dalam ruang lingkup internasional. Hubungan di sini artinya adalah hubungan yang bersifat personal maupun publik.

10. Mempermudah mempelajari peristiwa yang terjadi

Fungsi komunikasi lain adalah untuk mengetahui atau mempelajari peristiwa di lingkungan kita. Hal ini dapat kita lakukan dengan komunikasi dan kontak sosial dengan masyarakat sekitar.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Geografi Untuk Anak Muda

11. Mempermudah untuk merubah sikap dan kebiasaan

Fungsi dan tujuan komunikasi adalah merubah sikap serta perilaku kebiasaan. Hal ini dapat terwujud dengan komunikasi yang intens dan seksama terutama ketika bertemu dengan orang-orang tertentu.

12. Memudahkan untuk mengambil keputusan

Komunikasi dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan baik keputusan musyawarah maupun pengambilan keputusan personal dalam merespon kehidupan. Pentingnya komunikasi tentu membantu mempermudah mengambil keputusan dengan tepat dan bijak.

13. Mempermudah dalam melakukan kegiatan ritualĀ 

Peran komunikasi juga penting dalam hal-hal sakral atau ritual keagamaan. Misalnya saat kita beribadah perlu melakukan komunikasi. Sehingga maksud dan tujuan melakukan kegiatan ritual keagamaan dapat terpenuhi dengan baik.

14. Menjaga tali persaudaraan

Komunikasi menjadi penting guna menjaga hubungan atau kontak sosial dengan orang lain. Dengan berkomunikasi dapat terus menjaga tali persaudaraan antar keluarga, teman atau kenalan.

Jika komunikasi ini terus terjaga dengan baik, selain menciptakan keeratan tali persaudaraan juga akan menciptakan kehidupan yang damai dan lebih baik, tanpa harus ada konflik.

BACA JUGA : Pengertian Sosiologi, Ciri dan Fungsinya

15. Mendapatkan Hiburan dan Kebahagiaan

Fungsi komunikasi yang terakhir yakni bisa digunakan untuk mendapatkan hiburan atau menghibur orang lain demi menciptakan kebahagiaan kepada orang lain. Sehingga melalui Komunikasi dapat digunakan untuk mendapatkan kesenangan dalam bentuk hiburan.

Selamat membaca semoga ulasan kami kali ini bermanfaat untuk kalian semua!

Tulisan Terkait: