Pengertian Komunikasi Politik, Sifat dan Fungsinya

Pengertian Komunikasi Politik

Mudabicara.com_ Dalam khazanah ilmu sosial para sarjana belum mempunyai pandangan yang utuh tentang definisi komunikasi. Bahkan ilmuwan satu dengan ilmuwan lain memiliki perbedaan pendapat dalam memberikan definisi. Meski demikian kawan muda jangan khawatir mudabicara.com akan mengulas apa itu pengertian komunikasi politik. Simak ulasan berikut ini:

Pengertian Komunikasi Politik 

Komunikasi politik adalah komunikasi yang di arahkan kepada pencapaian suatu pengaruh, sehingga masalah yang di bahas oleh kegiatan komuniksai ini dapat mengikat semua warganya dengan sanksi yang ditentukan bersama melalui lembaga politik.

BACA JUGA : SOSIALISASI POLITIK, PENGERTIAN FUNGSI DAN JENISNYA 

Disisi lain pengertian komunikasi politik juga merupakan bagian dari aktivitas pesan dari orang-orang yang melakukan kegiatan politik. Kegiatan itu bisa dalam bentuk mempengaruhi dan menstimulus orang lain untuk melakukan kegiatan politik, baik pada tingkatan hubungan antar suprastruktur dan infrastruktur.

Definisi Komunikasi Politik Dari Para Ahli

1.Rush dan Althoff

Komunikasi politik adalah proses ketika informasi politik yang relevan ditentukan dari suatu bagian sistem politik ke bagian lainnya yakni antara sistem sosial dan sistem politik.

2. Gabrel Almon

Komunikasi politik adalah proses penyampaian pesan yang terjadi pada saat enam fungsi lainnya di jalankan, yaitu  rekruitmen politik dan sosialisasi, agresi kepentingan, artikulasi kepentingan , ajudikasi peraturan, membuat peraturan  dan aplikasi peraturan.

Gabrel Almon menambahkan bahwa komunikasi politik merupakan salah satu kegiatan yang selalu ada dalam setiap sistem politik. Artinya komunikasi politik berfungsi secara inheren dalam setiap sistem politik.

BACA JUGA : SISTEM POLITIK PENGERTIAN DAN MACAM-MACAMNYA 

3. Meriam Budiardjo

Komunikasi politik merupakan salah satu fungsi partai politik. Partai politik berfungsi meyalurkan beragam pendapat dan aspirasi masyarakat serta mengaturnya sedemikian rupa untuk di perjuangkan menjadi kebijakan politik.

4. Berelson dan Steiner

Komunikasi Politik adalah penyampaian informasi, ide, emosi, keterampilan melalui pengunaan simbol gambar, kata, angka, grafik dan sebagainya.

5. Maswadi Rauf

Komunikasi politik adalah salah satu kajian ilmu politik. Hal itu disebabkan karena pesan-pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi bercirikan politik. Biasanya komunikasi pollitik berkaitan dengan kekuasaan politik negara, pemerintah, dan aktivitas komunikasi dalam kedudukan sebagai pekaku kegiatan politik.

BACA JUGA : SISTEM POLITIK TOTALITER, PENGERTIAN, MACAM DAN CIRI-CIRINYA 

Maswadi Rauf membagi komunikasi politik menjadi dua dimensi yaitu pertama, kegiatan politik yang dilakukan oleh aktor-aktor politik  berupa penyampaian visi-misi yang bercirikan politik. kedua, kegiatan ilmiah yaitu kegiatan politik yang dilakukan dalam sebuah sistem politik.

6. Susanto

Komunikasi politik adalah komunikasi yang diarahkan pada pencapaian suatu pengaruh sehingga masalah yang di bahas oleh jenis kegiatan komunikasi ini dapat mengingat semua warganya melalui sanksi yang di tentukan bersama oleh lembaga-lembaga politik.

7. Shacter

Komunikasi politik adalah mekanisme penyampaian informasi untuk melaksanakan kekuasaan. Dengan kata lain komunikasi politik merupakan cara untuk menyebarkan pengaruh agar rakyat mengikuti kehendaknya.

8. McQuail

Komunikasi politik adalah sebuah studi yang indisplinari yang berpondasi di atas  berbagai macam disiplin ilmu, terutama dalam hubungannya antara proses komunikasi dan proses politik.

Sifat Komunikasi Politik

1.Dinamis (Dynamic)

Komunikasi politik adalah proses perilaku yang dipikirkan dan bukan sesuatu yang tersendiri tanpa dipikirkan. Ia digerakan oleh mekanisme internal atau hanya dipengaruhi kekuatan eksternal.

2. Sinambung (Continuous)

Dalam proses komunikasi tidak ada yang berdiri sendiri. Artinya komunikasi sebagai salah satu kondisi kehidupan berkesinambungan tanpa awal dan akhir.

3. Berputar (Circulair)

Tidak ada urutan yang linier dalam arus makna dari seseorang kepada orang lain. Orang yang terlibat komunikasi secara simultan dengan bukan kepada satu sama lain.

BACA JUGA : MENGILHAMI PUISI MUSEUM PERJUANGAN KUNTOWIJOYO 

4. Unrepeatable

Karena penciptaan kembali makna yang sinambung itu melibatkan perubahan citra personal pada masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang sehingga mustahil orang dapat memberikan pesan yang identik sama artinya dengan yang diberikan pada saat yang berbeda.

5. Irreversible

Dalam komunikasi pesan yang telah tersampaikan  tidak dapat diambil kembali dari ingatan penerimanya. Karena komunikasi bisa terjadi secara spontan.

6. Komplek (Complex)

Komunikasi berlangsung dalam banyak konteks yang berlainan dan pada banyak tingkatan intrapersonal, interpersonal, organisasional, sosial dan kultural.

Fungsi Komunikasi Politik

Ada beberapa fungsi komunikasi politik antara lain:

1.Membentuk Citra Politik

Komunikasi tidak secara langsung menimbulkan pendapat dan perilaku tertentu tetapi cenderung mempengaruhi cara khalayak mengorganisasikan citranya tentang sesuatu terutama citra  seseorang tokoh yang tersusun melalui persespsi. Citra ini bisa berupa kepercayaan, nilai dan pengharapan.

Di samping itu citra politik terjalin melalui pikiran dan perasaan secara subjektif yang akan memberikan penilaian dan pemahaman terhadap peristiwa politik tertentu.

2. Membentuk Pendapat Umum

Hasil komunikasi antara orang-orang dalam suatu kelompok dapat memberikan suatu opini komunal yang dapat membentuk pendapat umum terhadap suatu kejadian atau tokoh politik.

Pertukaran pikiran secara sadar dan rasional dapat membentuk rantai pengetahuan yang akhirnya akan menjadi pengetahuan secara mayoritas.

BACA JUGA : PEMUDA KORUPSI DAN PARTISIPASI POLITIK

3. Menggalang Partisipasi Politik

Komunikasi politik sebagai medium warga negara dalam upayanya menyampaikan kepentingan-kepentingannya terhadap pemerintah.

Selain itu komunikasi politik bisa juga sebagai kegiatan seseorang atau kelompok untuk ikut serta
aktif dalam memilih pimpinan negara dan secara langsung atau tidak langsung nantinya dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah.

Komunikasi politik bisa juga sebagai kegiatan warga negara yang bertindak secara pribadi atau kolektif dengan maksud untuk mempengaruhi pembuat keputusan pemerintah, secara spontan atau terorganisasi, mantap atau sporadis secara damai atau kekerasan, legal atau illegal dan efektif atau tidak efektif.

4. Sosialisasi Politik

Komunikasi Politik dapat juga sebagai suatu proses perkembangan seseorang untuk mendapatkan orientasi-orientasi politik dan pola-pola tingkah laku melalui proses sosialisasi politik

Sosialisasi politik dapat menjadi proses perubahan perilaku yang berhubungan erat dengan proses belajar pemahaman terhadap peristiwa politik.

5. Memberi Pendidikan Politik

Komunikasi politik sebagai usaha menanamkan, merubah atau mempertahankan sistem nilai politik atau orientasi politik dengan mengaktifkan proses sikap, perilaku, sistem berfikir, pandangan seseorang atau kelompok, baik kader, simpatisan, dan masyarakat umum dengan aktor seorang politikus.

Professional dan aktivis (sebagai komunikator politik) atau oleh lembaga (organisasi) seperti partai politik.

6. Ajang Rekrutmen Politik

Kmonunikasi politik bisa juga sebagai usaha untuk mengajak kepada individu-individu masuk ke dalam orientasi dan nilai politik, yang pada akhirnya secara kongkrit menjadikan anggota politik baik simpatisan sampai kader politik dan pengurus organisasi politik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.