Sosialisasi Politik: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Sosialisasi Politik

Mudabicara.com_ Bagi kawan muda yang mengemari ilmu sosial dan politik tentu tidak asing dengan istilah sosialisasi politik. Namun tak jarang juga banyak kawan muda yang belum tahu apa pengertian sosialisasi politik. Nah! untuk lebih jelasnya simak ulasan mudabicara.com berikut ini:

Pengertian Sosialisasi Politik

Sosialisasi adalah memberikan informasi pemahaman kepada masyarakat akan sesuatu yang bersifat penting. sedangkan sosialisasi politik menurut University of Minnesota Libraries adalah proses pembelajaran politik agar masyarakat dapat mengembangkan sikap, nilai, keyakinan, pendapat, dan perilaku yang kondusif untuk menjadi warga negara yang baik di negaranya.

BACA JUGA : SISTEM POLITIK PENGERTIAN DAN MACAM-MACAMNYA 

Pengertian Politik Dari Para Ahli

1.Herbert H. Hyman

Sosialisasi politik adalah proses belajar dari pengalaman warga masyarakat atau sub kelompok yang semula menghasilkan keteraturan, keseragaman yang secara langsung relevan bagi stabilitas sistem politik dan yang kemudian menghasilkan keragaman dan bentuk-bentuk institusional dari pengawasan.

2. John W Ellsworth dan Arthur A Stahnke 

Sosialisasi politik adalah proses kesadaran politik sejak kecil hingga dewasa yaitu bagaimana seseorang belajar nilai-nilai dan sikap sosial yang memengaruhi kehidupan politik.

3. Doris Graber

Sosialisasi Politik adalah proses ketika seseorang mempelajari struktur dan faktor lingkungan sekaligus mempelajari dan menginternalisasi aturan-aturan dan perilaku mengenai kehidupan politik.

4. Soetandyo Wignyosoebroto

Sosialisasi politik adalah proses individu dalam masyarakat belajar mengetahui dan memahami tingkah pekerti apakah yang harus orang lakukan atau tidak lakukan didalam masyarakat.

Fungsi Sosialisasi Politik

1.Memberikan Edukasi Politik 

Dengan adanya sosialisasi politik maka masyarakat mendapatkan pendidikan politik. Alhasil nantinya dapat memberikan pemahaman yang utuh tentang politik sehingga dapat mencerdaskan bangsa secara perlahan. Disisi lain masyarakat akan faham tata cara pengambilan kebijakan dan sistem pemerintahan.

BACA JUGA : PEMUDA KORUPSI DAN PARTISIPASI POLITIK 

Setiap Anggota masyarakat perlu punya cara hidup dan cara pikir yang sesuai dengan tatatan masyarakat pada umumnya. Hal itu tidak jauh berbeda dengan bagaimana berbangsa dan bernegara bahwa warga negara harus mempunyai cara hidup dan cara pikir yang sesuai dengan tata cara negara dimana mereka tinggal dan hidup.

Sehingga proses memahami dan mengamati cara hidup ini adalah proses edukasi politik dalam konteks sosialisasi politik.

2. Menumbuhkan Kesadaran Politik 

Dengan adanya sosialisasi politik masyarakat akan faham tentang sistem politik secara umum. Pemahaman sistem politik ini akan membawa masyarakat kedalam pilihan yang tepat ketika ingin menganalisis dan mengkritik suatu kebijakan.

Disisi lain dengan perkembangan zaman sistem politik biasanya mengalami perubahan sehingga proses sosialisasi politik sangat penting untuk diberikan kepada masyarakat. Sehingga sosialisasi politik mempengaruhi kualitas interaksi antara masyarakat dan pemerintahnya.

Apabila sosialisasi politik gagal mempengaruhi kesadaran politik masyarakat maka semua kehidupan politik, hukum, dan semua kebijakan yang membutuhkan dukungan dari publik akan gagal dan tidak berfungsi.

3. Meningkatkan Partisipasi Politik

Dengan adanya sosialisasi politik maka masyarakat akan semangat dalam berpatisipasi dalam suatu proses politik. Partisipasi politik yang aktif akan memberikan dampak yang luar biasa terutama dalam proses pembangunan dan tata kelola pemerintahan.

Jenis sosialisasi Politik

Pendidikan Politik

Pendidikan politik adalah proses pembelajaran politik pemerintahan antara pemberi materi dan penerima materi. Proses pendidikan ini dilakukan untuk membangun kesadaran, pemahaman, pendapat, dan perilaku individu untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam bidang politik.

Pendidikan politik dilakukan dari usia dini dan akan terus berlanjut. Indoktrinasi politik tidak bertujuan mencerdaskan bangsa melainkan pemerintah yang mengontrol pandangan politik masyarakatnya. Indoktrinasi memaksa individu untuk mendukung suatu orientasi politik, mengikuti nilai-nilai, dan menghambat demokrasi.

BACA JUGA : 10 MANFAAT BELAJAR SOSIOLOGI UNTUK ANAK MUDA 

Media Massa Pada jaman modernisasi dan globalisasi ini, hampir semua orang menggunakan dan menghabiskan waktunya pada media massa ataupun media sosial. Sehingga media massa menjadi agen penting dalam sosialisasi politik.

Media massa harus bisa menayangkan pemberitaan maupun sosialisasi politik dalam segala bentuk dengan efektif dan tidak tertutup oleh konten hiburan. Sehingga masyarakat lebih paham terhadap sistem politik pemerintahan, tidak hanya melihat hiburan semata.

Peristiwa Politik Peristiwa politik merupakan agen sosialisasi politik yang secara rutin memberikan pendidikan bagi masyarakat. Sosialisasi politik oleh peristiwa politik paling sering terjadi saat masa pemilihan dan pemungutan suara untuk memilih pemerintah yang akan berkuasa.

BACA JUGA : 10 MANFAAT BELAJAR FILSAFAT UNTUK ANAK MUDA

Sosialisasi politik tersebut dapat dilakukan secara langsung oleh pemerintah, maupun oleh parta-partai politik yang terlibat di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.