Pengertian Sosiologi, Ciri dan Fungsinya

Muda Talks490 Dilihat

Mudabicara.com_ Pengertian ilmu sosiologi tentu sangat luas sebab kehidupan sosial tak bisa lepas dari proses interaksi antar masyarakat. Hubungan antar masyarakat bisa berupa sosial, kekerabatan, pergaulan, pekerjaan baik formal maupun informal.

Kajian yang mengulas tentang tindakan-tindakan sosial disebut Ilmu Sosiologi. Nah tahukah kawan muda semua tentang pengertian sosiologi dan cirinya.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Sosiologi Untuk Anak Muda

Nah! jika belum tahu jangan khawatir, kini mudabicara ingin mengulas tentang pengertian sosiologi dan ciri-cirinya. Silahkan baca ulasan kami berikut ini :

Pengertian Ilmu Sosiologi

Sosiologi secara etimologi berasal dari bahasa Latin sociosĀ  yang berarti kawan dan logos yang berati ilmu. Secara terminologi sosiologi bisa berati ilmu tentang masyarakat. Artinya sosiologi membahas tentang hubungan dan proses yang terjadi di tengah masyarakat.

Sistem hubungan kemasyarakatan yang menjadi pokok bahasan sosiologi adalah hubungan kekerabatan, hubungan pergaulan, hubungan pekerjaan, hubungan formal-informal dan hubungan sosial lainnya.

Ilmu sosiologi bisa berarti juga sebagai ilmu yang mempelajari sifat masyarakat, perilaku masyarakat dan perkembangan masyarakat. Sebagai cabang ilmu sosial, sosiologiĀ  tentu membahas tentang masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

1. Max WeberĀ 

Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain.

2. Emile Durkheim

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial dan bukanlah fakta individual.

3. Herbert Spencer

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari penyelidikan tentang susunan-susunan dan proses-proses kehidupan sosial

4. Pitirim SorokinĀ 

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial misalnya gejala ekonomi, keluarga dan moral.

Di sisi lain Sorokin mengartikan sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial. Di samping itu sosiologi memiliki ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

5. Auguste Comte

Sosiologi adalah ilmu positif tentang masyarakat.

6. Roucek dan Waren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok artinya ilmu sosiologi menganalisi pola interkasi dan tindakan satu kelompok dengan kelompok lainnya.

7. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkop

Sosiologi adalah ilmu yang meneliti secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial dan kelompok masyarakat.

BACA JUGA : Mengenal Teori Tindakan Sosial Max Weber

8. J.A.A. Von Dorn dan C.J Lammers

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

9. Selo Sumardjan dan Soelaeman SoemardiĀ 

Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial berserta proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

10. Paul B hortonĀ 

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

11. Soejono SukamtoĀ 

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

12. William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang besangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

13. Allan JhonsonĀ 

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan serta perilaku terutama berkaitan dengan suatu sistem sosial.

Bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang serta bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

BACA JUGA : Resensi Buku Filsafat Sejarah Hegel

14. Arnold M. RoseĀ 

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interasksi antar manusia dan pengaruh interaksi tersebut terhadap perilaku manusia. Arnord M Rose menegaskan jika ilmu sosiologi mempelajari tingkah laku manusia kepada masyarakanya.

Sebagaimana definisi penegertian sosiologi di atas maka ilmu sosiologi adalah imu yang membahas apa yang sedang terjadi saat ini, khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat serta berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris serta bersifat umum.

Ciri – Ciri Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu sosial yang objeknya adalah masyarakat. Sosiologi juga merupakan ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri dengan ciri utamanya adalah seperti berikut :

1. Sosiologi Bersifat Empiris

Sebagai ilmu sosial sosiologi berarti ilmu pengetahuan yang berdasar pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.

2.Ā  Sosiologi bersifat TeoritisĀ 

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang selalu berusaha untuk menyususn abstraksi dari hasil-hasil observasi. Abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis serta bertujuan untuk menjelaskan hubungan-hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.

3. Sosiologi bersifat KumulatifĀ 

Teori-teori sosiologi terbentuk berdasarkan teori-teori yang sudah ada. Artinya ilmu sosiologi hanya memperbaiki, memperluas, serta memperhalus teori-teori lama.

BACA JUGA : Mengenal Putra Sang Fajar, Presiden Soekarno

4. Sosiologi bersifat Non EtisĀ 

Sosiologi tidak berbicara baikburuknya sebiah fakta tertentu namun sosiologi bertujuan untuk menjelaskan fakta tersebut secara analisis.

Fungsi Ilmu Sosiologi

1. Perencanaan Sosial

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari terkait interaksi masyarakat sehingga sosiologi berfungsi untuk mempersiapkan masa depan masyarakat.

Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk mengatasi munculnya berbagai masalah yang terjadi dalam masyarakat. Artinya perencanaan sosial tersebut bersifat antisipatif.

2. Pembangunan

Dalam kontek pembanguan sosiologi berfungsi untuk memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian pembangunan.

Pada tahap perencanaan, hal yang harus menjadi perhatian adalah kebutuhan sosial. pada tahap pelaksanaan, hal yang menjadi bahan observasi adalah kekuatan sosial masyarakat serta proses perubahan sosial.

3. Pemecahan Masalah Sosial

Masalah sosial merupakan suatu peristiwa yang tidak di inginkan oleh masyarakat, karena dapat mengganggu bahkah membahayakan kehidupan masyarakat. Contohnya masalah kenakalan remaja.

Metode dalam penyelesaian masalah sosial ini adalah metode preventif yakni metode untuk mengatasi masalah sosial sebelum terjadinya penyimpangan sosial, kemudian metode represif yaitu metode untuk mengatasi masalah sosial setelah terjadinya penyimpangan sosial.

4. Penelitian

Dengan penelitian akan diperoleh suatu rencana penyelesaian maslah sosial yang baik. contohnya cara untuk mencegah kenakalan remaja dan mengatasi maslah pengangguran.

BACA JUGA : Pembagian Sastra lama Indonesia, Macam dan Jenisnya

Fungsi Seorang Sosiolog

Sebagai ahli ilmu kemasyarakatan, para sosiolog sangat berperan dalam membangun masyarakat terutama di daerah yang sedang berkembang. Bentuk-bentuk peran sosiologi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sosiolog Sebagai Ahli Riset

Seperti ilmuan lainnya, para sosiolog berfokus pada pengumpulan dan penggunaan data. Oleh karena itu, para sosiolog melakukan riset ilmiah.

Tujuannya adalah untuk mencari data kehidupan sosial masyarakat kemudian di olah menjadi karya ilmiah yang berguna bagi pengambilan keputusan. Artinya sosiolog dapat memecahkan masalah-masalah di masyarakat.

2. Sosiolog Sebagai Praktisi

Beberapa sosiolog terlibat dalam perencanan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat. Mereka meberi saran-saran, baik dalam penyelesaian berbagai maslah hubungan masyarakat, hubungan antar karyawan, maslah moral, maupun hubunganantar kelompok dalam organisasi.

Sosiologi bekerja sebagai ilmuan terapan (applied scientist) yang harus memperhatikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang dibahasnya karena keduanya merupakan nilai ideal.

BACA JUGA : Profil dan Pemikiran Bapak Sosiologi Auguste Comte

3. Sosiolog Sebagai Konsultan Kebijakan

Prediksi sosiologi dapat membantu memperkirakan pengaruh kebijakan sosial yang mungkin terjadi. setiap kebijakan adalah suatu prediksi. Artinya, kebijakan diambil dengan harapan menghasilkan pengaruh atau dampak yang diinginkan.

4. Sosiolog Sebagai Guru atau Pendidik

Mengajar merupakan salah satu kegiatan yang dapat digeluti oleh seorang sosiolog. Sebagai seorang pendidik, sosiolog berperan dalam mengajarkan dan mengembangkan sosiologi sebagai ilmu di berbagai bidang dengan memberikan contoh-contoh yang terdapat di masyarakat.

Demikian ulasan mudabicara kali ini terkait pengertian sosiologi, ciri dan fungsinya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua kawan muda.

 

Oleh : Salim (Aktivis Sosial)

Tulisan Terkait: