10 Manfaat Belajar Hubungan Internasional Untuk Anak Muda

Pendidikan790 Dilihat

Mudabicara.com_ Banyak manfaat belajar hubungan internasional khususnya untuk generasi muda. Selain  dapat mengetahui politik domestik, mempelajari hubungan internasional dapat memberi pengetahuan tentang geopolitik dunia.

Sebagai negara berkembang Indonesia tentu memerlukan orang-orang yang ahli dalam hubungan internasional. Negara butuh diplomat-diplomat hebat guna mejalin kerjasama dengan negara lain.

Negara tentu memerlukan kerjasama dengan negara lain guna memenuhi kepentingan nasional dan kebutuhan warga negara.  Kerjasama dengan negara lain bisa saja dalam konteks ekonomi, politik, sosial budaya, hukum dan HAM. Di sinilah hubungan internasional penting sebagai jembatan agar ada prinsip persamaan. 

Dengan situasi seperti di atas, lalu apakah penting generasi muda belajar hubungan internasional dan apa saja manfaat belajar hubungan internasional?

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Filsafat Untuk Anak Muda

Nah! kini mudabicara ingin mengulas lebih dalam tentang manfaat belajar hubungan internasional, pengertian ilmu hubungan internasional. simak ulasan kami berikut ini :

Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar bangsa atau antar individu dari negara yang berbeda-beda. Baik hubungan politik, ekonomi, sosial budaya, hukum dan HAM.

Di sisi lain ada yang memaknai hubungan internasional adalah hubungan antar bangsa dengan segala aspeknya untuk memenuhi kepentingan nasional dan warga negara.

Pengertian Hubungan Internasional Dari Para Ahli

Menurut para ahli definisi pengertian hubungan internasional adalah.

1. Mohtar Mas’oed

Hubungan internasional adalah hubungan yang melibatkan bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga diperlukan mekanisme yang kompleks dan melibatkan banyak negara.

2. J.C. Johari 

Hubungan internasional adalah sebuah studi tentang interaksi yang berlangsung diantara negara-negara berdaulat. Selain itu J.C Johari berpendapat hubungan internasional juga ilmu yang mempelajari pelaku non-state actors namun memiliki dampak terhadap negara.

3. Henry Kissinger

Hubungan internasional adalah sebuah studi tentang kepentingan nasional dalam konteks negara internasional.

BACA JUGA : Pergeseran Aktor dan Wajah Baru Kebijakan Luar Negeri Indonesia Pasca Reformasi

4. Tygve Nathlessen

Hubungan Internasional adalah bagian ilmu politik oleh karena itu komponen hubungan internasional sendiri tak lepas dari politik internasional, organisasi dan administrasi dan hukum intenasional.

5. Charles Mc Clleland

Hubungan internasional adalah ilmu tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi internasional.

6. Stephen Krasner

Hubungan internasional adalah ilmu yang mengulas tentang sebuah interasksi internasional baik negara maupun aktor non negara dalam suatu masyarakat internasional.

6. Schawarzeneger

Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari masyarakat internasional dan masuk dalam bagian ilmu sosiologi.

7. John Herz

Hubungan internasional adalah ilmu tentang studi keamanan dan kebijakan luar negeri yang terpusat pada masyarakat intenasional.

8. Seymon Brown

Hubungan Intenasional adalah ilmu yang mempelajari tindakan dan perilaku negara-negara yang berdaulat.

9. J.H. Wolfe

Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari reaksi dan aksi antara negara-negara berdaulat yang di wakili oleh pemerintahannya masing-masing.

BACA JUGA : Mengenal Teori Hukum Tiga Tahap Auguste Comte

10. Joseph Ola

Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari interaksi antar bangsa dalam sistem internasional

11. John Lewis Gaddis

Hubungan internasional adalah ilmu yang menguntungkan negarawan dalam usaha bersama membentuk masyarakat internasional lebih baik.

12. Robert Gilpin

Hubungan internasional adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu-ilmu ekonomi politik internasional yang lebih mengarah pada politik keamanan militer yang seimbang.

13. Trevor Taylor

Hubungan internasional adalah sebuah perilaku disiplin dari berbagai ilmu melalui aktivitas politik.

14. Edward Hallet Card

Hubungan internasional adalah ilmu yang dinamis dan dialektis membahas hubungan antar negara guna menciptakan keseimbagan dan perdamaian dunia.

BACA JUGA : Sistem Politik Demokrasi Liberal, Pengertian, Macam dan Cirinya

15. George Kennan

Hubungan internasional adalah ilmu yang membahas prinsip dan tingkah laku dalam masyarakat sosial internasional.

16. Spengler

Hubungan internasional adalah menjalankan suatu politik untuk menaklukkan dunia dengan senjata yang dalam sebuah bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

10 Manfaat Belajar Hubungan Intenasional Anak Muda

Dapat Mempelajari Politik Internasional

Sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antar negara tentu kawan muda juga mempelajari politik dan ideologi dari setiap negara-negara yang melakukan kerjasama.

Akhirnya belajar hubungan internasional akan membuat kawan muda juga mempelajari politik, khususnya politik internasional. Kebijakan luar negeri tentu akan mempertimbangkan kondisi politik internasional sebab hubungan internasional pun tak bisa lepas dari politik internasional.

Dapat Mempelajari Ekonomi 

Bentuk kerjasama antar negara tentu tidak hanya politik namun juga ekonomi. Kerjasama ekonomi menjadi salah satu keniscayaan dalam masyarakat internasional sebab mereka saling  membutuhkan.

Hukum Suplly-Demand antar negara menjadikan negara-negara harus menjalin kerjasama tentu dengan azaz persamaan dan saling menguntungkan.

BACA JUGA : Pengertian Pers,Jurnalistik, Teori, Syarat dan Fungsinya

Dapat Mempelajari Hukum Internasional

Dalam melakukan kerjasama internasional tentu antar negara wajib menghormati hukum satu sama lain. Sehingga hukum internasional wajib menjadi mata kuliah tersendiri dalam jurusan hubungan internasional.

Ada enam subyek dalam hukum intenasional yang wajib menjadi bahasan diantaranya: negara, organisasi internasional, palang merah internasional, tanah suci vatikan, pemberontak dan individu.

Dapat Mempelajari Budaya 

Kerjasama antar negara selain dalam bidang politik dan ekonomi kerjasama dapat dilakukan dengan medium budaya. Tentu setiap negara mempunyai tradisi dan kebudayaan yang berbeda-beda.

Sehingga dengan mengenal dan mempelajari budaya negara lain dapat memberi wawasan kita tentang kehidupan belahan negara lain.

Dalam dunia kerja pun bila kita memiliki pengetahuan dan pegalaman bergaul dengan masyarakat internasional akan membuat kita menjadi manusia yang opend minded atau berfikir terbuka.

Dapat Mempelajari Studi Keamanan 

Dalam studi hubungan internasional ada satu paradigma yang disebut liberalisme. Faham liberalisme berdasar pada kencenderungan manusia berbuat baik sehingga secara natural akan memilih jalan damai dalam menyelesaikan masalah.

Sehingga dalam kacamata modern antar negara-negara berdaulat tentu akan menghindari perang dalam menyelesaikan konflik. Negara-negara tersebut memilih melakukan dialog guna mencari solusi yang terbaik melalui lembaga di atas negara seperti PBB dan lain sebagainya.

BACA JUGA : Menyelami Buku The Politic of Friendship Karya Jasques Derrida

Dapat Mempelajari Teori dan Praktik Diplomasi

Dalam konteks ilmu hubungan internasional, seseorang harus mampu melakukan komunikasi, dialog, serta negosiasi yang baik. Artinya orang yang belajar hubungan intenasional dan dia ingin menjadi diplomat handal, ia harus mampu membawa kepentingan negara kepada negara lain.

Sehingga seorang harus mempunyai kepercayaan yang tinggi dan mampu mempengaruhi serta konsisten dalam berpendapat sehingga orang yang mendengarkan dapat meng-iyakan apa yang kita sampaikan. Alhasil kepentingan negara terdistribusikan dengan baik dan benar.

Dapat Meningkatkan Rasa Kemanusian

Dengan mempelajari hubungan internasional kita dapat mengetahui keadaan sosial-ekonomi negara-negara lain. Ada negara yang memiliki kemajuan ekonomi yang pesat dan sejahtera. Ada juga negara yang masih terjebak situasi kemiskinan.

Sehingga solidaritas dan saling membantu antar negara yang kurang  beruntung terjalin. Rasa kemanusian tak mengenal geografi dan lintas batas negara itu sendiri.

Dapat Menganalisis Ideologi-Ideologi Negara 

Dalam kerjasama antar negara tentu tak lepas dari latar belakang ideologi masing-masing. Kedekatan antar negara memang terjalin dengan alasan yang berbeda-beda. Bisa saja faktor wilayah geografi, persamaan budaya dan persamaan ideologi.

Seperti organisasi ASEAN hadir sebagai wadah silturahmi dan konsolidasi antar negara-negara yang ada di wilayah Asia Tenggara. Terbentuknya ASEAN tentu bisa dianalisis berdasarkan latar belakang georafis bukan ideologis.

Contoh kedekatan China, Vietnam, dan Korea Utara tentu bisa dianalisis melalui kedekatan ideologis negara-negara tersebut. Sehingga mempelajari hubungan internasional kita juga mempelajari faktor sejarah dan ideologi negara-negara lain.

Akhirnya, kita dapat memahami dampak negatif dan positif sekaligus dapat menjadi wadah pembelajaran preventif kita terhadap ideologi yang bertentangan dengan ideologi bangsa dan negara.

BACA JUGA : Resensi Buku Logika Karya Drs Mundiri

Dapat Melatih Berfikir Terbuka 

Mempelajari hubungan internasional artinya kawan muda juga mempelajari seluk beluknya. Mulai dari sejarah, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Sehingga ketika ada kerjasama ataupun konflik antar negara kawan muda mampu menganalisis dengan kacamata obyektif tanpa keberpihakan.

Hubungan intenasional tentu dekat dan erat dengan kebijakan politik luar negeri. Hal itu mengakibatkan hubungan intenasional harus berawal dari fikiran positif dan terbuka agar kerjasama yang dijalin tidak menguntungkan salah satu pihak.

Dapat Mengetahui Sistem Politik Dunia

Dengan belajar hubungan intenasional kita akan mengetahui sistem politik negara-negara lain. Mulai dari komunisme, demokrasi, totaliter, oligarki dan lain sebagainya.

Dengan memahami hubungan intenasional dan sistem politik global maka pada akhirnya kawan muda akan mampu memberikan masukan dan analisis kepada pemerintah tentang problem-problem di masyarakat internasional.

BACA JUGA : Sistem Politik Demokrasi Liberal, Pengertian, Macam dan Cirinya

Nah! menarik bukan belajar hubungan intenasional, semoga ulasan mudabicara.com tentang 10 manfaat belajar hubungan internasional untuk anak muda ini bermanfaat.

Yuk ! tetap semangat dalam belajar hubungan internasional, kami tunggu kalian berperan secara nyata.

Tulisan Terkait: