10 Manfaat Belajar Psikologi Untuk Anak Muda

Pendidikan761 Dilihat

Mudabicara.com_ Manfaat belajar psikologi tentu banyak bagi masyarakat khususnya anak muda. Sebagai ilmu yang mempelajari ilmu tingkah laku, pola perkembangan pribadi serta interaksi manusia, ilmu psikologi menjadi kebutuhan banyak orang.

Selain memberikan pengetahuan tentang tata cara mengendalikan diri, kita juga akan mampu memahami dengan seksama pola dan tingkah laku masyarakat secara umum.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Hubungan Internasional Untuk Anak Muda

Tentu mempelajari tingkah laku manusia seorang psikolog tidak boleh melakukan dengan sembarangan. Ada beberapa pedoman baginya dalam mempelajari jiwa yang teraktualisasi ke dalam tingkah laku manusia secara nyata.

Terus dengan adanya ilmu psikologi apakah kira-kira penting untuk anak muda belajar psikologi? lalu apa saja manfaat belajar psikologi.

Kini mudabicara ingin mengulas lebih dalam tentang manfaat belajar psikologi untuk anak muda. simak ulasan kami berikut ini:

Pengertian Ilmu Psikologi 

Disiplin Ilmu Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa manusia melalui tingkah laku manusia itu sendiri. Di sisi lain ilmu psikologi juga didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari jiwa dan tingkah laku manusia.

Objeck kajian psikologi tentu bersifat abstrak sebab berhubungan dengan jiwa. Alhasil ilmu psikologi terbatas pada aktivitas-aktivitas jiwa yang teramati melalui perilaku dan tindakan manusia.

BACA JUGA : Resensi Buku Filsafat Sejarah G.W Friedrich Hegel

Kata psikologi berasal dari bahasa Yunani yakni psyhce yang berarti jiwa sedangkan logia berati ilmu. Sedangkan secara terminologi Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang berhubungan dengan lingkungan sosial dan lingkungan hidupnya.

Sehingga psikologi adalah disiplin ilmu yang mengkaji perilaku manusia baik proses mental manusia, pengaruh kondisi mental organisma serta lingkungan eksternal manusia itu sendiri.

Pengertian Ilmu Psikologi Menurut Para Ahli

1. Wilhelm Wundt

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman manusia dari sisi internal seperti perasaan panca indra, pikiran dan tingkah laku

2. Plato

Psikologi adalah sebagai ilmu yang mempelajari hakikat jiwa manusia beserta dengan prosesnya.

3. Aristoteles

Psikologi adalah ilmu pengetahua  tentang hakikat jiwa beserta prosesnya sampai akhir manusia tak bernyawa lagi. Pengertian Aristoteles ini hampis sama dengan pengertianya Plato.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Filsafat Untuk Anak Muda

4. John Broadus Watson

John Broadus Watson memberikan definisi psikologi sebagai ilmu tentang tingkah laku seseorang yang nampak secara jasmani atau lahariyah.

Tata cara mengetahui tingkah laku manusia dapat mengunakan observasi baik secara langsung maupun melalui metode tanya-jawab.

5. Woodworth dan Marquis

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas individu  manusia sejak dalam alam rahim hingga seseorang tersebut tutup usia.

Di sisi lain Woodworth dan Marquis juga menganalisis tentang hubungan manusia dengan lingkungan di sekitarnya. Artinya Psikologi adalah ilmu yang tidak mempelajari manusia saja tapi juga hubungan manusia dengan alam dan lingkunganya.

6. Singgih Dirgagunarsa

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari segala seluk beluk tingkah laku manusia. Berdasarkan buku Pengantar Psikologi karya Adnan Achiruddin Saleh,  sebagai sebuah ilmu pengetahuan psikologi meski memiliki ciri-ciri seperti ilmu pengetahuan lainya.

Sehingga psikologi memiliki kontr uksi berfikit utuh sehinga objek dan metode jelas  baik secara sistematik sehinga hasil penelitian jelas.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Sosiologi Untuk Anak Muda

7.Knight and Knight

Psikologi adalah ilmu mempelajari tingkah laku manusia dan pengalaman secara sistematis. Observasi dilakukan baik secara normal ataupun secara adnormal.

Knight and Knight mengartikan yang sama ketika kita ingin mendalami tingkah laku hewan. Sebab hewan juga memiliki kelompok dan berkumpul.

8. Garden Murphy

Psikologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari respon dan stimulus yang telah diberikan baik dari lingkungan maupun makhluk hidup.

9. Richard Maye

Psikologi adalah ilmu yang menganalisis proses mental dan struktur kognitif agar dapat memahami perilaku manusia. Artinya kemampuan kognitif seseorang akan mencerminkan sikap dan tingkah laku. baik secara sadar maupaun tidak sadar.

10. George Berkeley

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari manusia, hewan, persepsi atau penginderaan. Dalam kajiannya George Berkeley lebih menaruh perhatian pada ilmu perspesi.

Baginya persepsi disebabkan oleh banyak hal, salah satunya bisa dari emosi dan faktor kematangan berfikir seseorang dalam menangkap permasalahan.

BACA JUGA : Pembagian Sastra lama Indonesia, Macam dan Jenisnya

10 Manfaat Belajar Psikologi Untuk Anak Muda

Dapat Memahami Diri Sendiri

Sebagai ilmu sosial yang menganalisis tingkah laku manusia maka mempelajari psikologi memberikan kawan muda semua kemampuan untuk memahami diri sendiri. 

Sehingga dengan belajar psikologi akan membuat kawan muda lebih tentang dan nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain dapat memahami diri sendiri mempelajari psikologi juga dapat membantu kawan muda dalam memahami orang lain dan masyarakat sekitar.

Dapat Mengerti Penyebab Suatu Perilaku

Secara tidak langsung kehidupan manusia penuh dengan interaksi sosial antar individu, kelompok dan masyarakat. Namun sayangnya tidak semua interaksi sosial berjalan dengan semestinya, kadang ada salah satu pihak dirugikan sehingga terjadi peselisihan.

Nah dengan mempelajari psikologi kawan muda mampu menjabarkan secara rinci dan mengerti mengapa perilaku perselisihan itu terjadi. Artinya kawan muda juga mampu memberikan solusi dari permasalahan interaksi sosial tersebut.

Dapat Menjadi Pribadi Yang Mudah Menyesuaikan Dalam Pergaulan.  

Mempelajari ilmu psikologi artinya kawan muda mempelajari sikap dan perilaku orang lain. Artinya ketika kawan muda mampu memahami sikap dan perilaku orang lain maka akan membuat kawan muda menjadi pribadi yang mudah bergaul.

Secara sadar kawan muda memiliki kemampuan untuk memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk jika kawan muda memulai sebuah pertemanan atau pergaulan.

Dapat Memberikan Problem Solving Yang Baik Dan Benar 

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya namun akan sulit mencari jalan keluar jika tak punya ilmunya. Tentu ilmu psikologi bukan ilmu yang akan menyelesaikan masalah kawan muda semua.

Setidaknya dengan mempelajari ilmu psikologi kawan muda akan dapat lebih muda menentukan jalan keluar dari setiap masalah yang sedang dihadapi.

Di dalam masyarakat tentu masalah akan datang silih berganti namun dengan analisis yang matang kawan muda akan selalu menemukan problem solvingnya.

BACA JUGA : Resensi Buku Filsafat Sejarah G.W Friedrich Hegel

Dapat Menjadi Seorang Psikolog 

Dengan mempelajari ilmu psikologi kawan muda semua memiliki kesempatan untuk menjadi seorang psikolog atau psikiater. Di tengah kehidupan modern dan tsunami informasi banyak orang mengalami stress bahkan depressi.

Sehingga dengan keadaan seperti di atas menjadi seorang psikolog adalah karir yang menjanjikan di masa depan. Selain kita dapat belajar terus menjadi seorang psikolog membuat kawan muda menjadi manusia yang bersyukur dan kuat.

Dapat Meningkatkan Simpati dan Empati

Masalah biasanya muncul ketika orang tidak lagi mampu untuk menghargai dan menghormati. Nah! disinilah ilmu psikologi hadir sebagai ruang reflektif bersama bahwa perbedaan adalah sebuah keniscayaan.

Membangun simpati dan empati bukanlah hal mudah bagi mereka yang tidak berfikiran terbuka. Alhasil diperlukannya ilmu psikologi untuk membuka cakrawala berfikir dan dapat menerima perbedaan satu sama lain.

Dapat Mengendalikan Emosional Diri

Ketika kawan muda memiliki pengetahun tentang olah jiwa maka secara tidak langsung akan mampu mengendalikan perasaan secara pribadi.

Ketika datang masalah kawan muda dapat mengamati dengan fikiran yang jernih tanpa ada motif emosi. Sehingga masalah yang muncul dapat di atasi dengan baik dan benar.

Dapat Berfikir Positif

Ketika kawan muda adalah orang yang sering curiga maka berfikir posifif merupakan tindakan yang tidak mudah. Kadang perasaan curiga berlebih akan membuat masalah yang kawan muda hadapi semakin rumit.

Dalam ilmu psikologi ada yang disebut psikologi agama, psikologi agama adalah cabang ilmu yang mempelajari sisi-sisi spiritual manusia. Dengan ilmu ini orang akan mampu konsisten memegang prinsip dan terus berfikir positif.

BACA JUGA : Pengertian Unsur Intrinsik, Macam dan Contohnya

Dapat Melatih Menjadi Manusia Terbuka

Mendalami ilmu psikologi sama artinya mendalami ilmu jiwa dan segala sesuatu yang terikat denganya. Mulai dari anatomi tubuh, sosiologi hingga komunikasi.

Sehingga ketika ada suatu tindakan dan tingkah laku maka kita akan selalu dapat melihat motif dibalik semua tindakan dan tingkah laku tersebut.

Dengan mengetahuinya kawan muda akan tidak segera memutuskan sepihak

Mudah Beradaptasi Dengan Sesama

Dengan belajar ilmu psikologi kita akan mampu beradaptasi dengan teman, saudara, ataupun lingkungan sosial dengan baik.

Tidak semua orang mampu beradaptasi dengan baik dan tak sedikit malam merasa hidup sendiri karena merasa tidak ada orang yang memperhatikannya.

Nah! dengan ilmu psikologi kawa muda akan melewati semua rintangan itu dengan mudah. Kawan muda akan menjadi pribadi yang adaptif dan produktif.

Nah! menarik bukan belajar ilmu psikologi, semoga ulasan mudabicara.com tentang 10 manfaat psikologi untuk anak muda ini bermanfaat.

Yuk ! tetap semangat dalam belajar ilmu psikologi, kami tunggu kalian berperan secara nyata.

Tulisan Terkait: