7 Rekomendasi Tempat Wisata Ponorogo Untuk Anak Muda

Muda Talks483 Dilihat

Mudabicara.com_ Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang ada di daerah Jawa timur yang terkenal dengan kebudayaan dan kesenian Reog.

Selain memiliki budaya kesenian Reog yang terkenal hingga kancah internasional, kota yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah tersebut juga memiliki banyak tempat wisata menarik.

Dengan letak kota yang strategis membuat kota Ponorogo menjadi salah satu tempat wisata menarik untuk mengisi waktu liburan. Nah! berikut 7 tempat wisata Ponorogo yang wajib kalian kunjungi.

Baca Juga : 3 Destinasi Wisata Religi Ponorogo yang wajib dikunjungi

7 Tempat Wisata Ponorogo

1. Telaga Ngebel

Tempat Wisata Ponorogo

Salah satu tempat wisata Ponorogo pertama yang wajib kalian kunjungi apabila datang ke kota Ponorogo adalah Telaga Ngebel. Telaga ini berlokasi di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan Ponorogo.

Dari pusat kota Telaga Ngebel berjarak kurang lebih 5 km ke arah timur. Lokasi telaga yang berada di kawasan perbukitan membuat tempat wisata ini teduh dan tenang.

Selain cocok untuk melepas kepenatan dari aktivitas harian, Telaga Ngebel juga cocok untuk acara outdoor dan camping bersama keluarga.

Apabila ingin berburu kuliner, Tempat wisata ini terkenal dengan kuliner Nilla Bakar yang tentu akan memanjakan lidah pengunjung. Di tambah tenpat wisata ini memiliki fasilitas umum dan tempat poarkir yang terbilang sudah mewadahi dan lengkap.

2. Bendungan Bendo

Bendungan Bendo menjadi tempat wisata Ponorogo kedua yang wajib kalian kunjungi apabila datang ke kota Ponorogo. Bendungan yang dibangun sejak tahun 2013 ini telah rampung dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2021.

Pasca peresmian Waduk Bendo menjadi salah satu destinasi tempat wisata baru. Selain menjadi tempat menghilangkan kepenatan kota, Waduk Bendo juga cocok sebagai tempat memancing ikan.

Di sisi lain, ada berbagai kuliner tradisonal yang dapat pengunjung nikmati apabila berkunjung ke sana. Salah satu makanan tradisonal yang rasanya enak adalah nasi thiwul.

Nasi yang terbuat dari tepung ketela ini rasanya memanjakan lidah apalagi dimakan dengan sambal plelek dan ikan asin.

3. Tumpak Pare

Tumpak Pare adalah lokasi tempat wisata yang berada di dukuh Slorok, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo, Jawa Timur. Dari pusat kota jarak Tumpak Pare kurang lebih 27,5 ke arah selatan.

Bagi kalian yang menyukai aktivitas outdoor seperti camping maka tempat wisata Tumpak Pare adalah pilihan yang cocok. Tempat ini memiliki pemandangan alam yang indah karena berada di dataran tinggi.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Wisata Religi Nganjuk, Wajib Anda Kunjungi

Dari dataran tinggi Tumpak Pare kalian dapat melihat daerah Ponorogo. Selain itu kalian bisa menikmati suasana hening, tenang dan tentu udara yang segar.

4. Air Terjun Pletuk

Tempat Wisata Ponorogo

Tempat wisata Ponorogo yang yang wajib kalian kunjungi apabila datang ke Ponorogo adalah Air Terjun Pletuk. Lokasi air terjun pletuk berada di dukun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Jarak lokasi wisata dengan pusat kota kurang lebih 15 Km ke arah timur. Akses ke lokasi wisata lumayan sulit sehingga membutuhkan kendaraan yang prima.

Kendaraan baik mobil atau pun motor tidak bisa  sampai ke titik tempat wisata sehingga pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Namun sesampainya di tempat air terjun, kalian akan disuguhi panorama alam yang indah dan menyejukan mata. Indah Bukan!

5. Kuliner Jalan Cokroaminoto

Jalan Cokroaminoto merupakan nama jalan baru di daerah Ponorogo. Lokasi tempat wisata Ponorogo ini tidak jauh dari pusat kota kurang lebih hanya sekitar 1 Km.

Tempat ini menjadi tempat wisata baru karena banyak ada panorama lampu dan tempat bersantai seperti yang ada di malioboro Yogyakarta.

Selain itu, banyak angkringan untuk ngopi dan nongkrong bersama keluarga sembari menikmati kota Ponorogo yang adem ayem dan makmur. Tentu tempat wisata  ini cocok bagi kalian para pengunjung yang datang dari luar kota.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Wisata Religi Trenggalek, Wajib Anda Kunjungi

 6. Gunung Pringgitan

Bagi para pencinta alam yang ingin melakukan latihan mendaki gunung, tempat wisata Gunung Pringgitan menjadi salah satu tempat wisata Ponorogo yang wajib kalian kunjungi.

Lokasi Gunung Pringgitan berada di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Ponorogo, Jawa Timur kurang lebih sekitar 20 Km meter ke arah selatan dari pusat.

Selain menjadi wahana latihan para pecinta alam, Gunung Pringgitan juga cocok sebagai wahana Camping akhir pekan terutama para mahasiswa.

Pada malam hari pengunjung dapat melihat meriahnya kota Ponorogo dengan pemandangan lampu jalan dan rumah warga dan untuk keesokan harinya pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bentang sawah yang indah.

7. Air Terjun Coban Lawe

Terakhir tempat wisata Ponorogo yang wajib kalin kunjungi apabila datang ke Ponorogo adalah air terjun Coban Lawe. Lokasi tempat wisata berada di Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang indah dan asri karena berada di tengah hutan. Para wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk mencapai keindahan tersebut.

Namun semuanya akan terbayar dengan keindahan air terjun Coban Lawe dengan air yang jernih dan dingin.

Nah! sekian pemahasan tempat wisata kali ini, jangan lupa kunjungi tempat wisata Indonesia lainnya. Selamat Membaca!

Tulisan Terkait:

1 komentar

Komentar ditutup.