Mudabicara.com_ Generasi Muda harus terus ditingkatkan kreativitas sebab pada tahun 2045 mendatang Indonesia akan mencapai usia 1 abad.  Hanya tersisa 25 tahun lagi dari sekarang untuk memasuki era baru yaitu generasi Indonesia emas.

Di masa depan kita mendapat bonus demografi dengan struktur populasi 70% berada pada kelompok usia produktif dengan rentan usia berada pada 15-64 tahun. Sedangkan 30% lainnya berada pada kelompok non produktif dengan rentan usia lebih dari 64 atau di bawah usia 15 tahun saja.

BACA JUGA : FILM TILIK, PESAN YANG TAK SAMPAI

Peran Pemuda

Dalam rangka mencapai tujuan Indonesia emas maka para generasi muda mempunyai peran penting sebagai pelopor terciptanya masyarakat yang adil dan makmur. Dimana pada tahun 2045 diharapkan para generasi muda mampu mempunyai daya kreatifitas yang tinggi untuk mewujudkan Indonesia emas sebagai negara maju.

Pada masa pandemi ini generasi muda harus bisa mempunyai suatu terobosan baru dalam menciptakan lapangan perkerjaan sebagai alternatif dalam memakmurkan bangsa. Hal ini dapat di lakukan oleh generasi muda untuk membuat suatu usaha baru yang tentunya bermanfaat sebagai perjuangan awal untuk mencapai Indonesia emas.

Dalam menerapkan usaha barang atau jasa secara tidak langsung itu sama saja seperti menerapkan semangat nasionalisme, yaitu menciptakan lapangan kerja untuk rakyat demi terwujudnya masyarakat adil dan makmur serta menumbuhkan kesatuan dan persatuan rakyat Indonesia.

Para generasi penerus bangsa yang mempunyai semangat muda yang masih membara pada saat pandemi ini janganlah mengecilkan bara semangat muda, saat ini perjuangan bukan harus mengangkat tombak dan bambu, tetapi perjuangan anak muda saat ini mengarah kepada menebar manfaat yaitu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan bernilai rasa juang nasionalisme yaitu selalu belajar dan berinovasi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Pada masa pandemi ini aktivitas dalam melakukan kegiatan di batasi. Namun hal tersebut bukanlah suatu halangan untuk menebar manfaat. Apalagi Indonesia lagi merayakan kemerdekaannya yang yang 75 tahun. Walaupun dalam masa pandemi semangat nasionalisme tidak boleh redup.

Semangat tersebut harus tetap diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti membantu memberikan penyuluhan kesehatan untuk mencegah tertularnya Covid-19. Ada juga cara lain yaitu memberikan wawasan tentang mengembangkan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi lebih menarik.

Pemuda Kreatif

Generasi emas bangsa haruslah berpikir kreatif dalam membuat sesuatu hal yang baru. Sebab saat ini dapat kita ketahui bahwasanya dampak dari pandemi ialah membuat
kestabilan ekonomi merosot.

Maka kita sebagai generasi muda harus mengambil peran dalam mensejahterakan rakyat. Semua bisa dimulai dari hal-hal kecil namun mempunyai manfaat yang besar.

Dengan didorong oleh semangat nasionalisme yang dapat dirumuskan sebagai paham yang menciptakan potensi ide kreatif dan mempertahankan kedaulatan negara.  Paham ajaran kepada generasi muda mengenai pentingnya mencintai bangsa dan mewujudkan masyarakat sejahtera.

Dalam menghadapi masalah pandemi di perlukan semangat nasionalisme yang kuat dari elemen generasi muda untuk bersatu melawan covid-19. Tanpa memiliki semangat nasionalisme yang tinggi dan rasa kesadaran dan kepedulian yang rendah akan sulit untuk menciptakan Indonesia emas di masa yang akan datang.

Semangat nasionalisme pada saat pandemi ini diperlukan sebagai pemersatu dan penguat bangsa dalam mempertahankan NKRI tercinta. Apalagi didalam Undang-Undang Dasar 1945 pada ayat 27 menyatakan “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

Ayat tersebut intinya menjelaskan bahwasanya setiap warga negara Indonesia
wajib melakukan upaya membela negara dengan menggunakan semangat
nasionalisme untuk mewujudkan harapan Indonesia emas nantinya.

Kesadaran orang terhadap hubungan dirinya dengan orang lain yang mempunyai ikatan rasa yang sama dapat menumbuhkan semangat nasionalisme. Semangat itu tumbuh bersamaan dengan orang yang mempunyai cita-cita dan semanagt jalan hidup yang sama. Seperti kata Ben Anderson bahwa kemerdekaan Indonesia di dapat dari semangat nasionalisme. Berawal dari kebangsaan yang sama dan didukung oleh budaya yang sama mengubah kata “aku” menjadi “kita”.

Demi kepentingan bersama yaitu menuju Indonesia emas, para generasi muda harus berkorban, bekerja sama dan merasa saling bangga apabila bangsanya berhasil dan merasa
sedih apabila bangsanya gagal. Oleh sebab itu semangat nasionalisme harus di
junjung bersama guna terwujudnya Indonesia emas. Di mulai dari persatuan dan kesatuan generasi muda.

Indonesia emas akan tercipta dengan semangat nasionalisme, maka generasi muda harus berjuang dengan penuh semangat nasionalisme untuk mewujudkan Indonesia emas. Pandemi bukan halangan untuk menebar manfaat, melainkan pandemi bisa menjadi titik tumpuan awal untuk rajin menebar manfaat supaya tercipta keadilan dan kesejahtraan rakyat. Menebar manfaat bisa dilakukan dari hal kecil yang akan berampak besar demi kemajuan bangsa Indonesia.

 

Penulis : Muhamad Zuhri (Pengiat Literasi)