Jarang Yang Tahu, Ini 3 Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia

Budaya444 Dilihat

Mudabicara.com_Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah total pulau mencapai 17.508 pulau.

Di samping itu, Indonesia juga termasuk negara yang mempunyai kekayaan alam serta fauna yang beragam. Istimewanya, beberapa fauna ini hanya ada di Indonesia dan tak dimiliki oleh negara lain. Nah dari pada penasaran baca ulasan berikut ini:

BACA JUGA : MEMOTRET TRADISI LEBARAN MASYARAKAT BETAWI 

Badak Jawa

Badak Jawa atau Rhinoceros sondaicus merupakan badak bercula satu yang termasuk dalam anggota famili Rhinocerotidae yakni satu dari lima badak yang masih hidup.

Hewan ini hanya ada di Indonesia, Ia berada di daerah provinsi Banten tepatnya di wilayah hutan lindung Ujung Kulon. badak Jawa termasuk hewan yang soliter, tak hanya terhadap binatang lain tetapi juga pada sesama badak sendiri.

Keberadaan populasi badak jawa kini mulai memprihatikan karena badak jawa termasuk binatang yang hampir punah.

Hal itu dipicu karena badak diburu untuk diambil culanya kemudian dijual ke pasar gelap. Perdagangannya, bahkan hingga ke pasar internasional dan ini merupakan tindak kejahatan transnasional.

BACA JUGA : SISTEM POLITIK TOTALITER, PENGERTIAN MACAM DAN CIRINYA

Konon, cula badak dipercaya dapat menjadi obat tradisional yang berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit meski hal itu belum terbukti secara ilmiah.

Di sisi lain, terancamnya populasi badak karena adanya fenomena bencana alam yakni meletusnya gunung Krakatau. Bencana itu memicu adanya tsunami yang memporak porandakan Ujung Kulon sehingga banyak binatang Badak yang mati.

Komodo

Komodo atau Varanus komodoensis adalah salah satu kekayaan fauna yang membuat Indonesia terkenal di mancanegara. Pasalnya, selain binatang langka Komodo juga satu-satunya hewan purba yang masih hidup di dunia.

Komodo berada di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang, Nusa Kode, Flores, Provinsi Nusa Tengara Timur.Selain satu-satu di Indonesia, Komodo juga merupakan kadal terbesar dan tertinggi di dunia. Reptil raksasa ini memiliki panjang tubuh mencapai 3 meter dengan berat sampai 90 kilogram.

Jika dilihat dari ukuran fisiknya, umumnya komodo jantan lebih besar dibandingkan dengan betina. Rata-rata panjang badan betina adalah 2,5 meter.

BACA  JUGA : PEMUDA, KORUPSI DAN PARTISIPASI POLITIK 

Dengan badan yang besar, komodo memiliki pergerakan yang lambat yakni sekitar 8-10 kilometer per jam. Meski Komodo hanya makan satu kali sebulan namun Komodo memiliki ukuran bada yang besar.

Hal itu mengakibatkan Komodo sulit untuk bergerak cepat.Mirisnya, kini ada beberapa proyek pembangunan yang mengancam keberadaan Komodo.

Burung Cendrawasih

Burung ini hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur seperti pulau-pulau di Selat Torres dan Papua. Saking cantiknya, burung ini menjadi salah satu daya tarik utama dari provinsi Papua. Warna bulunya yang cerah membuat orang tertarik seperti kuning, hijau, merah, dan biru.

Burung Cendrawasih merupakan anggota dari famili Paradisaeidae dan dari ordo Passeriformes. Burung ini memiliki ukuran yang beragam tergantung dari spesiesnya. Selain itu, burung ini terdiri atas 14 genus dan 43 spesies.

BACA JUGA : 10 MANFAAT BELAJAR SOSIOLOGI UNTUK ANAK MUDA 

Jenis Cendrawasih yang paling terkenal adalah Cendrawasih Kuning Besar atau Paradisaea apoda yang berasal dari genus Paradisaea.

Itulah tiga hewan yang hanya ada di Indonesia

Tulisan Terkait: