10 Manfaat Belajar Antropologi Untuk Anak Muda

Pendidikan473 Dilihat

Mudabicara.com_ Antropologi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari tentang manusia dari berbagai aspek. Ilmu ini menjelaskan mulai dari biologi dan sejarah Homo Sapiens hingga ciri-ciri masyarakat dan budaya yang secara tegas membedakan manusia dari spesies hewan lain.

Antropologi sendiri tidak hanya terpaku pada sebagian kelompok orang tetapi mencakup semua manusia tidak hanya dari satu aspek melainkan dari segala aspek.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Arkeologi Untuk Anak Muda

Ilmu ini mengambil pendekatan yang luas untuk memahami banyak aspek yang berbeda dari pengalaman manusia. Biasanya kita sebut dengan holisme. Holisme sendiri merupakan cara pandang terhadap suatu masalah atau gejala sebagai suatu kesatuan yang utuh.

Antropologi mempertimbangkan masa lalu untuk melihat bagaimana kelompok manusia hidup ratusan atau ribuan tahun yang lalu dan apa yang penting bagi mereka. Bahkan mempertimbangkan apa yang membentuk tubuh biologis dan genetika  serta tulang, pola makan, dan kesehatan.

Namun ilmu antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, pemaknaan tunggal dalam hal ini yakni kesatuan masyarakat yang tinggal di daerah yang sama.

Selain itu Ilmu Antropolog juga membandingkan manusia dengan hewan lain biasayanya primata lain seperti monyet dan simpanse untuk melihat kesamaan  manusia dengan mereka dan apa yang membuatnya unik.

Meskipun hampir semua manusia membutuhkan hal yang sama untuk bertahan hidup, seperti makanan, air, dan persahabatan namun cara orang memenuhi kebutuhan ini bisa sangat berbeda.

BACA JUGA : Apa Itu Positivisme? Aliran Filsafat Auguste Comte

Misalnya, setiap orang perlu makan, tetapi orang makan makanan yang berbeda dan mendapatkan makanan dengan cara yang berbeda. Pada dasarnya ilmu antropologi hampir mirip dengan kajiam ilmu sosiologi namun pada sosiologi lebih menitik beratkan pada aspek masyarakat dan kehidupan sosialnya.

Sebelum jauh berbicara mengenai manfaat dari belajar antropologi, baiknya terlebih dahulu mengetahui definisi ilmu antropolgi. Selengkapnya simak ulasan mudabicara berikut ini:

Sekilas Pengertian Antropologi

Secara etimologi antropologi berasal dari bahasa Yunani anthropos yang berarti orang atau manusia dan logos yang berarti ilmu. Sedangkan secara terminologi antropologi adalah studi sistematis tentang kemanusiaan, dengan tujuan memahami asal usul evolusi, kekhasan sebagai spesies, dan keragaman besar dalam bentuk keberadaan sosial manusia di seluruh dunia.

Bila mengaju pada Encyclopaedia Britannica ilmu antropologi adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk manusian dari berbagai aspek mulai dari sejarah evolusi homo sapiens hingga ciri-ciri masyarakat, budaya yang secara tegas membedakan manusia dari spesies hewan lain hingga proses biologisnya.

Menurut Cambridge antropologi merupakan studi tentang ras manusia, masyarakat, budaya serta perkembangan fisiknya. Sedangkan kamus Oxford, menjelaskan antropologi sendiri merupakan studi tentang masyarakat dan budaya manusia serta  perkembangannya.

Karena cakupan materi kajian yang beragam, antropologi telah menjadi ilmu khusus terutama sejak pertengahan abad ke-20. Kajian antropologi pun dibagi menjadi 4 bagian diantaranya antropologi fisik, antropologi budaya dan sosial, antropologi linguistik dan antropologi psikologis.

1. Antropologi Fisik

Antropologi fisik adalah ilmu antropologi yang membahas perbedaan proses biologis antara Homo sapiens dengan spesies lain.

2. Antropologi Sosial dan Budaya

Antropologi Sosial dan Budaya adalah ilmu antropologi yang membahas sistem budaya yang membedakan masyarakat atau manusia satu dengan yang lain dan begitu pula dengan pola organisasi sosial yang terkait dengan sistem budaya.

BACA JUGA : Pandangan Plato Tentang Psikologi, Ini Jawabannya!

3. Antropologi Linguistik

Antropologi liguistik adalah yang Ilmu antropologi yang membahas kemampuan unik manusia untuk berkomunikasi melalui ucapan yang diartikulasikan dan beragam bahasa umat manusia.

4. Antropologi Psikologis

Antropologi Psikologis adalah ilmu antropologi yang membahas hubungan antara budaya, struktur sosial, dan manusia sebagai pribadi.

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

1.David E. Hunter

Menurut David Hunter  dalam buku berjudul  The Study of Anthropology (1976) Antropologi adalah salah satu ilmu yang lahir karena keinggitahuan manusia yang tidak terbatas tentang umat manusia.

2. William A. Haviland

Dalam buku berjudul Cultural Anthropology (1975) Wiliam A Haviland mendefinisikan antropologi sebagai studi tentang umat manusia dengan berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.

Dengan kata lain antropologi juga mempelajari mempelajari  bentuk fisik, warna fisik serta kebudayaan masyarakat. Lebih lanjut, ia berpendapat antropologi merupakan ilmu yang mencoba merumuskan hukum yang bersifat umum tentang manusia dan perilakunya.

BACA JUGA : Memahami Etika Protestan Dan Semangat Kapitalisme Max Weber

3. Alfred Louis Kroeber

Dalam buku berjudul Anthropology (1923) Alfred Louis Kroeber berpendapat antropologi merupakan ilmu humaniora yang paling sistemis, akademis, ilmiah sekaligus humanis. Ilmu ini mengunakan metode dan prinsip-prinsip  ilmiah sekaligus merangkul dimensi artistik, ekspresif dan simbolik perilaku manusia.

4. Simon Coleman dan Helen Watson

Dalam buku berjudul An Introduction to Anthropology (1992) menjelaskan antropologi adalah ilmu yang mengkaji tentang manusia dan masyarakat, baik yang hidup maupun yang sudah mati dan yang sedang berkembang maupun yang sudah punah.

5. Conrad Philip Kottak

Dalam buku berjudul Anthropology, the Exploration of Human Diversity (1974), Philip Kottak menjelaskan antropologi adalah studi tentang semua masyarakat mulai dari masyarakat primitif hingga masyarakat modern.

Baginya, ilmu antropologi menejelaskan keragaman umat manusia secara holistik. Hali itu meliputi aspek biologis, bahasa, sosial budaya dan lingkungannya. Baik dalam dimensi waktu masa lalu, saat ini dan masa depan.

6. Frank Robert Vivelo

Dalam buku berjudul Cultural Anthropology Handbook: a Basic Introduction (1978) Frank Robert Vivelo menjelaskan ilmu antropologi adalah ilmu yang menelaah manusia secara budaya dan biologi.

7. Koentjaraningrat

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Ilmu Kesejahteraan Sosial Untuk Anak Muda

4. Rifhi Siddiq

Antropologi merupakan sebuah ilmu yang mendalami semua aspek yang terdapat pada manusia yang terdiri atas berbagai macam konsepsi kebudayaan, ilmu pengetahuan, norma, seni, linguistik, lambang, tradisi, teknologi, dan kelembagaan.

5. Zerhud Dodda Dofana

Pengertian Antropologi adalah studi keilmuan yang mempelajari dan mendalami berbagai aspek mengenai manusia.

6. Roger Keesing

Pengertian antropologi adalah ilmu yang mempelajari kajian tentang manusia. Ilmu ini berorientasi pada upaya pemahaman makna bukan hanya sekadar ukuran namun lebih menekankan pada penafsiran yang dekat dengan hakikat manusia atau kemanusiaan.

7. Ariyono Suyono

Pengertian antropologi adalah ilmu yang berusaha mempelajari dan mencapai sebuah pengertian mengenai makhluk hidup.Dengan kata lain antropologi adalah ilmu yang mempelajari, memahami, dan mendalami ragam warna dan bentuk fisik, kepribadian, masyarakat, dan kebudayaannya.

BACA JUGA : Mengenal Teori Sosiologi Agama Max Weber

10 Manfaat Belajar Antropologi Untuk Anak Muda

Setelah melihat beberapa pengertian dari para ahli Antropologi, maka menjadi sangat penting anak muda tahu terkait 10 manfaat belajar antropologi.

1.Memahami Manusia Satu Sama Lain

Dengan belajar Antropologi membuat manusia bisa memahami manusia lainnya, baik dalam tingkah laku manusia atau apapun yang berkaitan segala aktivitas manusia, baik sebagai individu atau pun anggota dalam kelompok masyarakat.

Berangkat dari hal ini, dengan kemampuan memahami manusia satu dengan yang lain, menjadikan manusia mampu menyesuaikan dan membuat peradaban baru.

Dari mempelajari antropologi dapat memberi kita pengetahuan yang berguna tentang mengapa perilaku orang berbeda dari budaya satu ke budaya yang lain.

Mengapa orang Asia terlihat lebih konservatif dibandingkan dengan gaya hidup liberal di negara-negara Barat? Bagaimana status dan peran perempuan dalam masyarakat berubah seiring waktu?

BACA JUGA : Mengenal Teori Hukum Tiga Tahap Auguste Comte

Semakin kita mengeksplorasi lebih banyak tentang persamaan dan perbedaan antara kelompok di sekitar kita, menjadi lebih sadar dan sensitif.

Mendapatkan wawasan berharga ini dapat  bermanfaat bagi kita terutama dalam karir masa depan, terlebih jika kita berencana untuk bekerja di perusahaan lintas budaya atau harus berurusan dengan orang asing.

2. Memahami Kedudukan Manusia Dalam Masyarakat

Dengan mempelajari antrolopogi, orang dapat memahami kedudukan manusia dalam masyarakat dan mendapatkan pengetahuan baru mengenai dunia atau budaya lain yang mungkin belum terungkap sebelumnya.

Pada konteks ini, akan membawa manusia pada pengetahuan baru dengan berbekal penemuan atau keilmuan sebelumnya untuk membuat peradaban di masa mendatang.

3. Memahami Beragam Norma 

Mempelajari antropologi dapat membantu kalian memahami beragam norma, tradisi, keyakinan, hingga nilai-nilai pada masyarakat tertentu yang mereka anut.

Sehingga dalam mengetahui keberagaman norma, tradisi, keyakinan hingga nilai-nilai yang dianutnya dapat dilestarikan dan dijaga atau bahkan dijadikan pedoman hidup untuk generasi manusia berikutnya.

Dalam hal ini juga dapat menjadikan manusia memperluas wawasan tentang pergaulan umat manusia di seluruh dunia yang mempunyai kekhususan-kekhususan sesuai dengan karakteristik daerahnya sehingga menimbulkan toleransi yang tinggi.

4. Melatih Berfikir Kritis

Antropologi dapat menjadikan seseorang lebih kritis, tanggap, dan rasional saat bertemu dengan gejala sosial masyarakat yang cukup kompleks.

Sehingga manusia dalam konteks ini menjadikan manusia lebih cerdas dan berhati-hati dalam setiap tindakan atau memutuskan sesuatu. Selain itu juga menjadikan kita sebagai manusia yang bijak dalam menyikapi manusia yang lain.

Tinjaun lebih jauh antropologi akan membantu manusia mengerti berbagai macam problem dalam masyarakat, memiliki kepekaan terhadap kondisi-kondisi dalam masyarakat, serta mampu mengambil inisiatif pemecahan masalah.

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Filsafat Untuk Anak Muda

5. Mempelajari Etnografi  Teori Asal-Usul Kepercayaan

Antrolopogi menyusun etnografi-etnografi yang memungkinkan terjadinya penciptaan teori berkenaan dengan asal-usul kepercayaan, keluarga, perkawinan, perilaku bernegara, dan lainnya.

Segingga dari sini manusia mengerti kedudukan dan peran yang harus dilakukan sesuai dengan harapan warga masyarakat dari kedudukan yang sedang disandang.

6. Mampu Menganalisis Kebudayaan 

Belajar antropologi secara akademis  memiliki manfaat untuk mencapai pengertian tentan manusia secara sempurna. Selain itu, pada umumnya antropologi juga akan mempelajari berbagai bentuk kebudayaan di tengah masyarakat.

Jika ini ditelaah lebih jauh secara praktis dapat berguna untuk mempelajari kebudayaan di berbagai masyarakat suku bangsa di dunia guna menelaah perkembangan peradaban manusia.

7. Belajar Perkembangan Bahasa

Belajar antropologi dapat mengembangkan komunikasi yang kuat. Bahasa adalah bagian penting dari setiap manusia. Mengambil kursus antropologi dapat membawa kita ke kelas linguistik atau pilihan, studi bahasa.

Kadangkala kita bertanya-tanya berapa banyak bahasa yang digunakan dunia ini? atau misalnya, mengapa bahasa Latin dianggap sebagai bahasa mati?. Atau mengapa ejaan bahasa Inggris satu dengan Inggris yang lain berbeda?

Maka, Antropologi Linguistik juga bisa menjawabnya! Mempelajari hal-hal ini dapat membantu kita memperoleh pemahaman yang lebih luas tentang bagaimana bahasa berkembang dan berubah dari waktu ke waktu. Pada gilirannya akan membantu kita untuk berkomunikasi dengan baik.

8. Menyadari Keunikan Manusia

Belajar antropologi menjadikan kita mengenal betapa uniknya diri kita sendiri. Jika kita berpikir tentang kita sendiri perihal bagaimana ukuran, warna, dan ciri fisik orang berbeda menurut wilayah dan benua?.

Ada bagian antropologi yang membahasnya juga! Antropologi biologis / fisik berkisar pada berbagai proses yang melibatkan evolusi manusia.

Bagaimana tulang, otot, dan organ nenek moyang kita berfungsi agar dapat beradaptasi, bertahan, dan berkembang biak sepanjang waktu.

BACA JUGA : Mengenal Dieng Culture Festival; Wujud Kebudayaan Khas Masyarakat Dieng

9. Dapat Mengungkap Misteri Masa Lalu

Menariknya lagi, manfaat belajar antropologi kita dapat mengungkap misteri di masa lalu. Jika kita adalah penggemar berat belajar sejarah banyak tentang masa lalu, maka mempelajari  antropologi mungkin akan membuat kita lebih bersemangat lagi.

Banyak orang mungkin tidak benar-benar mengetahuinya tetapi arkeologi adalah salah satu cabangnya yang mempelajari lebih lanjut tentang cara orang hidup ribuan tahun yang lalu dan bagaimana evolusi menjadi bentuknya saat ini, dari perhiasan, perkakas, kain, relik, atau bahkan bangunan.

10. Mengatahui Bagaimana Manusia Bertahan Hidup 

Manfaat belajar antropologi dapat mempelajari tentang bagaimana masyarakat dapat membentuk cara kita menjalankan hidup. Salah satu aspek paling menarik dari mengambil kelas antropologi adalah anda akan dihadapkan pada disiplin ilmu psikologi.

Manusia berperilaku tidak hanya karena kepribadiannya sendiri, komposisi biologis, atau fungsi neurologisnya, tetapi juga karena lingkungan tempat mereka berada.

Sehingga Antropologi psikologis di sini berusaha menjawab beberapa masalah yang muncul yang mempengaruhi masyarakat saat ini dan jika budaya kita saat ini adalah faktor utamanya yang mendorongnya.

 

Tulisan Terkait: