10 Manfaat Belajar Bahasa Indonesia Untuk Anak Muda

Pendidikan1180 Dilihat

Mudabicara.com_ Manfaat belajar bahasa Indonesia tentu sangat beragam dan setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda. Sebagaimana bahasa merupakan salah satu medium untuk berkomunikasi seluruh manusia di Dunia.

Melalui bahasa orang bisa melakukan interaksi sosial satu sama lain sehingga dapat mengerti dan memahami antar sesama. Selain alat komunikasi bahasa juga dapat mencerminkan sejarah dan budaya suatu daerah.

Hal itu terrcermin dari jumlah bahasa yang mencapai ribuan. Secara terminologi bahasa sendiri menrupakan kunci pokok bagi kehidupan manusia untuk bersosialisasi sebab dengan adanya bahasa orang bisa berinteraksi dengan sesamanya.

Adapun bahasa sendiri bertujuan untuk menjembatani manusia agar saling memahami  dan mengerti. Kegunaan bahasa sendiri erat hubungannya dengan identitas dan persatuan suatu negara. Sebagai contoh negara Indonesia menjadikan Bahasa Indonesia sebagai identitas sekaligus alat persatuan.

Kali ini mudabicara ingin mengulas tentang manfaat belajar bahasa Indonesia Untuk Anak Muda. Selengkapnya simak ulasan berikut ini:

BACA JUGA : 10 Manfaat Belajar Antropologi Untuk Anak Muda

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Dilansir dari Britanica bahasa adalah suatu sistem simbol lisan atau tertulis konvensional yang dengannya manusia sebagai anggota kelompok sosial dan peserta dalam budayanya dapat mengekspresikan diri. Berikut Pengertian

1. Plato

Dalam pandangan Plato, ia merumuskan bahwa semua bahasa berasal dari peniruan bunyi-bunyi. Hanya saja nampak tak ada kesinambungan antara keduanya, namun memperjelas apa sebenarnya hakikat bahasa itu sendiri.

2. Mackey

Menurut Mackey Bahasa merupakan sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi yang bersifat arbitrer dan konvensional. Fungsi bahasa dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.

3. Harun Rasyid

Menurut Harun Rasyid bahasa adalah struktur dan makna yang bebas dari penggunanya, sebagai tanda yang menyimpulkan suatu tujuan.

4. Mansyur

Menurut Mansyur bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat. Guna untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik.

BACA JUGA : Sistem Politik Demokrasi, Pengertian, Macam dan Ciri-cirinya

5. Hasan Alwi

Menurut pendapat Hasan Alwi dalam memaknai bahasa adalah suatu sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat.

Tidak lain digunakan untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun.

Apa Sebenarnya Bahasa?

Berdasarkan beberapa pengertian bahasa di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa bahasa merupakan sistem yang teratur. Bahasa juga berupa lambang-lambang bunyi yang berguna untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran. Selain itu, bahasa juga merupakan satu hal yang menonjolkan beberapa segi sebagai berikut:

4 Ciri-Ciri Bahasa Secara Umum

1. Bahasa Adalah Sistem

Bahasa adalah sistem artinya bahasa itu tunduk kepada kaidah-kaidah tertentu baik fonetik, fonemik, dan gramatik. Dengan kata lain bahasa itu tidak bebas tetapi terikat kepada kaidah-kaidah tertentu.

2. Sistem Bahasa Itu Sukarela (Arbitary).

Sistem berlaku secara umum, dan bahasa merupakan peraturan yang mendasar. Sebagai contoh ada beberapa bahasa yang memulai kalimat dengan kata benda seperti Bahasa Inggris, dan ada bahasa yang mengawali kalimatnya dengan kata kerja.

Seseorang tidak dapat menolak aturan-aturan tersebut baik yang pertama maupun yang kedua. Jadi tidak tunduk kepada satu dialek tertentu.

BACA JUGA : Mengenal Teori Sosiologi Agama Max Weber

3. Bahasa Adalah Bunyi

Manusia sudah menggunakan bahasa lisan sebelum bahasa lisan seperti halnya anak belajar berbicara sebelum belajar menulis. Di dunia banyak orang yang bisa berbahasa lisan, tetapi tidak dapat menuliskannya.

Jadi bahasa itu pada dasarnya adalah bahasa lisan (berbicara), adapun menulis adalah bentuk bahasa kedua. Dengan kata lain bahasa itu adalah ucapan dan tulisan itu merupakan lambang bahasa.

4. Bahasa Adalah Simbol

Bahasa itu merupakan simbol-simbol tertentu. Misalnya kata ‚ÄĚrumah‚ÄĚ menggambarkan hakikat sebuah rumah. Jadi bahasa itu adalah lambang-lambang tertentu. Pendengar atau pembaca meletakkan simbol-simbol atau lambang-lambang tersebut secara proporsional.

10 Manfaat Belajar Bahasa Indonesia Untuk anak muda

Bangsa Indonesia untuk membangun suatu komunikasi antara individu atau kelompok juga dengan menggunakan suatu bahasa yang dikenal sebagai Bahasa Indonesia. Maka menjadi wajib hukumnya belajar bahasa indonesia dengan baik dan benar bagi anak muda. Lantas apa manfaat kita belajar bahasa Indonesia?

1 Memeprmudah Mengekspresikan Pikiran dan Perasaan

Belajar bahasa Indonesia akan mempermudah kita untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Jadi tidak hanya mengekspresikan pikiran saja.

Peranan penguasaan bahasa Indonesia akan terlihat jelas dalam mengekpresikan estetika, rasa sedih senang dalam interaksi sosial. Dalam hal ini kita dapat mengekspresikan perasaan dan bukan pikiran.

Selain itu penguasaan bahasa Indonesia juga mempunyai peranan sosial, emosional di samping itu juga berperan untuk mengemukakan ide.

2. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Manfaat belajar bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan kita dalam memecahkan masalah. Mempelajari bahasa Indonesia akan membuat otak kita dan menggiring otak kita untuk berpikir dari apa yang terjadi. Hal itu secara tidak langsung akan meningkatkan cara kerja otak kita.

3. Mampu Meningkatkan Berbicara

Manfaat belajar bahasa Indonesia, mampu meningkatkan kemampuan berbicara kita. Karena dengan mempelajari bahasa Indonesiamembuat generasi muda bangsa Indonesia mampu dalam menuntukan semangat, serta mendorong minat membaca.

Dari langkah ini akan membuat kita semakin banyak membaca, lambat laun kita akan terbiasa dengan susunan kata-kata yang ada. Sehingga hal itu akan meningkatkan kemampuan berbicara kita.

BACA JUGA : 11 Jenis Pantun Indonesia, Lengkap Beserta Contohnya

4. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat belajar bahasa Indonesia juga mampu meningkatkan daya ingat kita. Penguasaan bahasa Indonesia secara tidak langsung akan membantu otak kita untuk meningkatkan daya ingatnya terhadap sesuatu.

Sehingga nantinya kerja otak kita lebih cepat dari pada orang lain yang kurang menguasai bahasa Indonesia. Semisal, Hasil dari belajar membaca akan membantu saraf otak agar mudah mengingat suatu hal.

Semakin banyak otak digunakan, semakin baik dan banyak fungsi-fungsinya bekerja. Mempelajari struktur bahasa Indoensia memerlukan serta membiasakan diri dengan kosakata dan aturan. Tidak hanya itu, belajar bahasa Indoensia juga menerapkan informasi yang dihafalkan ke dalam komunikasi.

5. Melatih Daya Pikir

Belajar bahasa Indonesia akan memperluas daya pikir yang kreatif dan fleksibel. Perlu digaris bawahi bahwa belajar bahasa Indonesia tidak lebih dari membaca, berbicara, dan mendengarkan.

Semua hal itu akan berpengaruh terhadap daya pikir kita. Kemampuan membaca membuat pengetahuan kita menjadi luas, yang kemudian akan membantu kita untuk bisa berpikir kreatif dan fleksibel.

6. Mengenali Budaya Indonesia

Manfaat kita belajar  bahasa Indonesia adalah dapat memperbaiki sikap terhadap bahasa kita sendiri sekaligus mengenal budaya Indonesia. Hadirnya bahasa Indonesia sendiri tidak hanya mempelajari kata-kata.

Namun dengan belajar bahasa Indonesia menuntut kita untuk memperbaiki etika dan sikap terhadap bahasa dan budaya. Hal itu dapat dilihat saat kita belajar bahasa Indonesia, kita akan mempelajari cara menyusun kata-kata terhadap lawan bicara.

7. Memperkuat Analisis

Belajar bahasa Indonesia dapat memberi manfaat pada pikiran kita agar lebih tajam. Mereka yang menguasai bahasa Indonesia akan dengan mudah melihat apa saja yang tidak relevan atau menipu.

Dengan demikian, penguasaan bahasa Indonesia mengajarkam kita sebagai generasi bangsa menjadi pemikir yang kritis.

8. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Belajar dan menguasai bahasa Indonesia dapat meningkatkan rasa percaya diri. Maksud dari rasa percaya diri merupakan konsekuensi alami setelah menjumlahkan semua manfaat dari belajar bahasa baru. Dengan hanya menguasai satu keterampilan, keilmuan lain juga dapat dikembangkan.

BACA JUGA : Memahami Etika Protestan Dan Semangat Kapitalisme Max Weber

9. Medium Penemuan Jati Diri

Belajar bahasa Indonesia dapat membantu dalam penemuan jati diri dan aktualisasi diri. Hal ini merupakan dampak yang menarik dari belajar bahasa Indonesia yang kuat, bukan sesuatu yang kita harapkan ketika memulai mempelajari bahasa Indonesia dengan kata yang baru.

Tetapi mencoba memahami bahasa Indonesia dengan berbagai warisan kata yang menyertainya akan menempatkan kita pada posisi penemuan diri.

10. Menumbuhkan Cinta Tanah Air

Manfaat berikutnya dengan belajar bahasa Indonesia yakni mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan juga merupakan bahasa persatuan.

Adanya bahasa Indonesia dalam menentukan suatu bahasa tentu membutuhkan waktu yang sangat lama. Para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan bahasa Indonesia menjada suatu bahasa yang digunakan antar suku. Sehingga dari sini dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air.

 

 

Tulisan Terkait: