11 Daftar Hari Kemerdekaan Negara-Negara Asia Tenggara ? Ini Jawabannya!

Foreign View27 Dilihat

Mudabicara.com_ Hari Kemerdekaan Negara merupakan hari istimewa bagi setiap warga negara. Selain menjadi momentum kebebasan, kemerdekaan juga bisa dimaknai sebagai pengakuan kedaulatan berbangsa dan bernegara oleh negara lain.

Hampir setiap tahun momentum kemerdekaan dirayakan oleh setiap negara sebagai penanda sejarah lepas dari intervensi asing sekaligus metode meningkatkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara.

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) sebagai sebuah organisasi regional memilik 11 anggota negara yang tentu memiliki hari kemerdekaan masing-masing.

Nah! artikel mudabicara kali ini akan mengulas lebih dalam tentang daftar hari kemerdekaan negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam organisasi ASEAN. Lebih lengkapnya baca artikel berikut ini:

Baca Juga : Apa itu arti ASO? Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Daftar Hari Kemerdekaan Negara-Negara Asia Tenggara

Sebagai kawasan yang mayoritas pernah mengalami penjajahan, kemerdekan bukan lagi momentum suka cita namun juga sebuah kebangaan bisa keluar dari penindasan warga negara asing. Berikut daftar har kemerdekaan negara-negara Asia Tenggara.

1. Indonesia

Hari Kemerdekaan Negara
Source : Antara

Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dengan wilayah terluas. Negara kepulauan ini juga sebagai pelopor utama atas lahirnya organisasi regional ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.

Sebuah organisasi yang menjembatani kepentingan geopolitik, ekonomi dan budaya agar setiap anggota mampu keluar dari jeratan imperialisme dan dapat berdaulat atas negara mereka masing-masing.

Dengan kekayaan sumber daya yang melimpah negara Indonesia menjadi rebutan berbagai negara barat seperti Potugis, Inggris dan Belanda.

Hampir tiga abad lamanya Indonesia mengalami penjajahan dan baru merayakan Hari Kemerdekaan Negara sejak tanggal 17 Agustus 1945 yang dinahkodai seorang tokoh bernama Ir Soekarno.

Oleh karena itu hari kemerdekaan negara Indonesia tepat pada tanggal 17 Agustus 1947

2. ThailandĀ 

Negara yang terkenal dengan julukan Negeri Gajah Putih ini memiliki pengalaman yang berbeda dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Thailand tidak pernah dijajah oleh negara Eropa karena berbagai alasan antara lain Thailand adalah negara yang relatif tidak memiliki kekayaan alam serta negara yang ikut serta dalam peperangan dunia I.

Baca Juga : Apa Itu Arti Disrupsi? Pengertian, Penyebab, Dampak dan Peluangnya.

Selain itu negara Thailand menerapkan perjanjian Browing dan sistem pemerintahan mandala yang tentu memiliki kekuatan secara kolektif dan terpusat di Bangkok.

Beruntungnya lagi negara Thailand menjadi negara penghubung antara negara yang dijajah oleh oleh Inggris dan negara yang dijajah negara Prancis.

Sehingga negara ini menjadi kunci dan secara sosial kemasyarakatan mereka mengadopsi bahasa Inggris sebagai bahasa pendidikan.

Walaupun tidak pernah mengalami penjajahan negara ini memperingati kemerdekaan setiap tanggal 5 Desember dan menjadi mitra Indonesia dalam membangun organisasi regional ASEAN pada 8 Agustus 1967.

3. Filipina

Negara yang dijuluki dengan Mutiara Laut Orien ini juga sebagai salah satu pelopor berdirinya organisasi ASEAN bersama negara Thailand dan Indonesia pada 8 Agustus 1967.

Negara bersistem presidensial ini mengalami penjajahan oleh bangsa spanyol dan merayakan kemerdekaan setiap setiap tanggal 12 Juni.

4. Malaysia

Hari Kemerdekaan Negara

Negara dengan julukan Harimau Malaya ini merupakan salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN. Malaysia bersama dengan Indonesia, Thailand dan Filipana menjadi bagian dari anggota ASEAN semenjak 8 Agustus 1967.

Malaysia memplokamirkan merdeka sejak tanggal 31 Agustus 1957 dan tanggal tersebut selalu diperingati sebagai Hari Kemerdekaan negara Malaysia.

Baca Juga : Apa Itu Arti Ilmu Kesejahteraan Sosial? Pengertian Dan Tujuannya

5. VietnamĀ 

Negara memiliki julukan Negeri Naga Biru dan baru masuk sebagai anggota ASEAN sejak tanggal 23 Juli 1995. Negera yang berikota di Hanoi ini memnperingati Hari Kemerdekaan setiap tanggal 23 Juli 1995.

Kemerdekaan berhasil didapatkan masyarakat Vietnam semenjak berhasil keluar dari penjajahan dan kolonialisme bangsa Perancis.

Oleh karena itu hari kemerdekaan negara Vietnam tepat pada tanggal 23 Juli 1995.

6. Myanmar

Dalam hal keanggotaan ASEAN negara yang memiliki julukan Tanah Pagoda Emas baru bergabung pada 23 Juli 1997, dua tahun pasca Vietnam memutuskan untuk bergabung.

Sejarah mencatat negara ini pernah mengalami penjajahan dan kolonialisme oleh Inggis dan baru mendapat kemerdekaan pada tahun 1948 tepatnya 4 Januari 1948.

Oleh karen itu hari kemerdekaan negara Myanmar tepat pada 4 Januari 1948.

7. Laos

Negara yang tidak memiliki wilayah pantai ini berlokasi tepat pada timurlaut dari Thailand serta barat dari Vietnam dan mengunakan sistem politik republik berdaulat.

Laos baru bergabung sebagai anggota ASEAN sejak 23 Juli 1997 dan merayakan hari kemerdekaan negara setiap tanggal 2 Desember.

Sebagai negara bekas jajahan Perancis, negara Laos baru dapat memplokamirkan kemerdekaan pada tahun 1949 itupun masih semi-otonom dan dapat memiliki kedaulatan dan kemerdekaan secara penuh pada tahun 1953.

8. Kamboja

Negara bekas jajahan Perancis dan Jepang ini mendapatkan kemerdekaan dan kedaulatan semenjak tanggal 9 November 1953.

Baca Juga : Apa itu Arti Safe Flight? Pengertian dan Contoh Ucapan Lainnya

Oleh karena itu Hari Kemerdekaan Kamboja tepat pada tanggal 9 November 1953. Sementara itu negara yang memiliki julukan Land of the Khmer baru bergabung sebagai anggota ASEAN sejak tahun tanggal 30 April 1999.

9. Singapura

Sebagai negara dengan luas wilayah dan jumlah penduduk relatif sedikit Singapura juga termasuk sebagai pelopor berdirinya organisasi regional ASEAN.

Bersama dengan Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand negara Singapura ikut andil dalam mendirikan organisasi ASEAN.

Berdasarkan catatan sejarah Singapura merupakan bagian dari negara Malaysia namun pada saat dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia Tunku Abdul Rahman, negara Singapura dibiarkan keluarkan.

Sehingga tepat pada tanggal 9 Agustus 1965 Singapura resmi sebagai negara yang memiliki pemimpin dan kedaulatan wilayah di bawah perdana menteri Lee Kuan Yew.

Oleh karena itu, Hari Kemerdekaan Singapura tepat pada tanggal 9 Agustus 1965.

10. Brunei Darussalam

Negara dengan sistem pemerintahan monarki ini menjadi salah satu negara unik di tengah era modern karena mampu mempertahankan dan melestarikan sistem politik yang berbeda dengan negara lain.

Brunei Darussalam memilikiĀ luas wilayah sekitar 5.765 kilometer persegi dan dengan jumla penduduk kurang lebih 460.000 jiwa pada 2020.

Negara dengan corak agama yang kental ini memperingati hari kemerdekaan negara setiap tanggal 23 Februari setelah keluar dari penjajahan dari Inggris.

Baca Juga : Gaya Kepemimpinan Situasional, Pengertian, Ciri dan Manfaatnya

Secara resmi Brunei Darussalam memiliki kedaulatan penuh sejak 1 Januari 1984 dan bergabung dengan organisasi regional ASEAN pada tanggal 8 Januari 1984.

11. Timor Leste

Sebagai negara yang paling muda di ASEAN, Timor Leste baru bergabung dengan organisasi ASEAN sejak tanggal 11 November 2022.

Melalui pertemuan KTT ASEAN ke-40/41 di Phnom Penh, Kamboja, negara yang beribu kota di Dili ini baru mendapat pengakuan sebagai anggota ke-11 organisasi ASEAN pada tahun 2022.

Tentu hal tersebut menjadi kabar gembira bagi pemerintahan Timor Leste setelah puluhan tahun menunggu.

Pada awalnya Timur Leste merupakan salah satu bagian provinsi dari pemerintahan Indonesia dan melalui referendum Timor Leste melepaskan diri Indonesia.

Hari kemerdekaannegara Timor Leste diperingati setiap tanggal 20 Mei sebagai penanda lepas dari pemerintahan Indonesia sejak 20 Mei 2000.

Negara yang memiliki julukan Bumi Lorosae bernamaRepublik Demokratik Timor Leste.

Sekian ulasan mengenai hari kemerdekaan negara Asia Tenggara, semoga menjadi bahan bacaan sahabat mudabicara semua. sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya. Selamat Membaca.

Tulisan Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *