Apa itu Arti Sosiologi Pedesaan? Pengertian, Kajian dan Fungsinya

Ilmu Sosiologi1197 Dilihat

Mudabicara.com_ Sosiologi pedesaan merupakan salah satu cabang ilmu sosiologi yang mempelajari perilaku masyarakat yang tinggal di desa baik dari aspek struktur sosial, interaksi sosial hingga mata pencaharian.

Di samping mempelajari kehidupan masyarakat secara individu, sosiologi pedesaan juga mempelajari relasi hubungan kelompok masyarakat desa dengan kelompok masyarakat desa lainnya.

Sebagai ilmu sosial yang mempelajari kehidupan masyarakat sosiologi pedesaan ingin memotret secara utuh tata kelola masyarakat pedesaan dalam menjalani aktivitas keseharian.

Baca Juga : 11 Cabang Ilmu Sosiologi, Pengertian dan Fungsinya

Lalu apa sebenarnya sosiologi pedesaan dan kapan mulai muncul studi tentang sosiologi pedesaan. Nah! kali ini mudabicara ingin mengulas artikel tentang sosiologi pedesaan. Selengkapnya simak ulasan berikut ini :

Sejarah Singkat Ilmu Sosiologi Pedesaan

Sosiologi Pedesaan

Latar belakang munculnya sosiologi pedesan tak terlepas dari peranan Amerika Serikat. Amerika Serika mengalami ketimpangan sosial pada masa industri abad 19.

Sebelum muncul ketimpangan tersebut di Amerika kepemilikan lahan pertanian sangatlah luas dengan tipe masyarakat yang agraris.

Namun perkembangan industrialisasi di Amerika menyebabkan semakin berkurangnya lahan pertanian, karena mulai tumbuh desa-desa yang berkembang dengan pesat yang menjelama menjadi kota-kota.

Dampak perkembangan tumbuhnya desa-desa di Amerika adalah munculnya interaksi-interaksi baru yang merupakan pertemuan dari masyarakat beberapa wilayah di Amerika Serikat.

Interaksi-interaksi baru tersebut secara tidak langsung berpengaruh terhadap munculnya norma dan tata kelakuan baru dari masyarakat yang bergabung tersebut yang agak berbeda dengan norma dan tata kelakuan lama yang dibawa oleh masing-masing penduduk.

Baca Juga : Apa Itu Anarkisme? Pengertian dan Cirinya

Akibat lain yang ditimbulkan adalah munculnya depopulasi di daerah perdesaan di Amerika Serikat. Munculnya depopulasi ini menyebabkan munculnya isu kemanusiaan yang menyebabkan keinginan untuk memperbaiki kehidupan di perdesaan mulai meluas sekitar tahun 1900.

Isu tersebut melahirkan mata kuliah mengenai masalah sosial perdesaan di Universitas Chicago, Michigan dan North Carolina.

Lebih lanjut isu tersebut mengakibatkan Presiden Amerika Serikat saat itu, yaitu Roosevelt, membentuk komisi tentang kehidupan desa (Commision on Rural Life).

Keputusan membentuk komisi ini juga dipengaruhi oleh studi Sir Horace Plunkett di Irlandia mengenai rusaknya kehidupan desa di Irlandia.

Laporan komisi tentang kehidupan desa telah menarik perhatian para sosiolog Amerika Serikat. Dalam pertemuan para sosiolog yang tergabung dalam American Sociological Society tahun 1912, kehidupan desa ditampilkan sebagai topik utama.

Sebagai akibat berkembangnya masyarakat yang relatif cepat, pada tahun 1937 muncullah kelompok ahli sosiologi yang mengkhususkan diri pada kajian masyarakat perdesaan yang dikenal dengan nama Rural Sociology Society.

Pembangunan yang begitu pesat di Amerika Serikat sebagai imbas revolusi industri menyebabkan mulai hilangnya desa-desa di Amerika Serikat.

Hal ini menyebabkan para sosiolog amerika sulit menemukan obyek kajiannya. Oleh karena itu para sosiolog Amerika mulai melakukan penelitian di Amerika Selatan (Peru, Meksiko, El Salvador, Cuba, Brasil) yang masih memiliki banyak sekali masyarakat perdesaan sebagai obyeknya.

Perkembangan kajian wilayah perdesaan yang semakin meluas ternyata berdampak pada perkembangan ilmu sosiologi itu sendiri.

Baca Juga : Apa itu Fasisme? Pengertian dan Cirinya

Pada tahun 1957 muncullah Asosiasi Sosiologi Perdesaan di Eropa (European Society for Rural Sociology) dan Jepang yang mengkhususkan kajiannya pada masyarakat perdesaan di Eropa dan Jepang.

Semenjak itulah muncul sosiologi pedesaan sebagai bahan salah satu cabang ilmu sosiologi yang meneliti tentang perkembangan kehiduopan di desa.

Pengertian Sosiologi Pedesaan

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku masyarakat dengan lingkungan, sedangkan desa adalah suatu masyarakat yang memiliki kesatuan hukum dan kewenangan untuk mengatur sistem sosial sendiri berdasarkan hak asal usulnya.

Maka sosiologi pedesaan adalah ilmu yang mempelajari tentang sistem sosial, struktur sosial, kondisi sosial hingga proses sosial baik individu atau pun kelompok masyarakat di daerah pedesaan.

Sebagai cabang ilmu sosiologi, sosiologi pedesaan tentu berdiri sendiri karena sosiologi pedesaan memiliki objek kajian yang khusus yakni relasi fenomena sosial masyarakat dalam setting pedesaan.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Sosiologi Untuk Anak Muda

Maksud dari fenomena sosial masyarakat adalah apapun yang berhubungan dengan sistem sosial serta interasksi sosial yang ada di pedesaan.

Dengan mempelajari sosiologi pedesaan kita akan mengetahui protret utuh bagaimana masyarakat desa melakukan interaksi, membangun sistem dan struktur sosial hingga bagaimana cara mereka dalam menyelesaikan masalah.

Pengertian Sosiologi Pedesaan Menurut Para Ahli

1. Rogers

Sosiologi pedesaan adalah ilmu yang mempelajari perilaku perubahan masyarakat dalam setting pedesaan yang berhubungan dengan kelompoknya.

Sosiologi pedesaan merupakan upaya studi sosial dalam proses pemecahan masalah masyarakat pedesaan. Oleh karena itu, sosiologi pedesaan berorientasi pada proses perubahan sosial serta pemecahan masalah dalam setting masyarakat desa.

2. Lynn Smith & Paul Zopf (1970)

Sosiologi pedesaan adalah sosiologi dari kehidupan pedesaan (sociologi of rural life). Oleh karena itu, sosiologi pedesaan adalah kumpulan pengetahuan yang sistematik dari hasil penerapan metode ilmiah sebagai upaya mempelajari masyarakat pedesaan.

Studi ini mempelajari berbagai aspek kehidupan desa meliputi sistem dasar sosial masyarakat, struktur organisasi sosial hingga pada peroses perubahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

3. Wiriatmaja

Sosiologi pedesaan adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji relasi anggota masyarakat desa dengan kelompok-kelompok di lingkungan pedesaan.

Meskipun bagi Wiriatmaja sosiologi pedesaan tentu merupakan penerapan teori-teori sosiologi umum dalam menganalisis perubahan masyarakat.

4. John Gillete

Sosiologi perdesaan adalah cabang ilmu sosiologi yang secara sistematik mempelajari komunitasā€“komunitas perdesaan untuk mengungkapkan kondisi-kondisi serta kecenderungankecenderungannya dan merumuskan prinsip-prinsip kemajuan.

Baca Juga : Apa Itu Arti Disrupsi? Pengertian, Penyebab, Dampak dan Peluangnya.

5. NL Sims

Sosiologi pedesaan adalah ilmu yang mempelajari asosiasi antara orang-orang yang aktivitas mata pencaharian banyak tergantung pada sektor pertanian.

6. Priyotamtomo (2001)

Sosiologi pedesaan adalah ilmu yang mempelajari desa secara ilmiah agar memberikan gambaran terhadap hubungan manusia dengan kelompok serta dinamika yang dialami di dalam masyarakat.

7. Dwight Sanderson (1942)

Dwight Sanderson mendefinisikan sosiologi perdesaan adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dalam lingkungan pedesaan.

8. Howard Newby (1978)

Howard Newby berpendapat studi tentang sosiologi pedesaan tak bisa lepas dari pertanyaan Karl Kautsky tentang (The Agrarian Question) yang mencoba melihat berbagai perubahan akibat adanya dominasi produksi kapitalis.

Baca Juga : Apa Perbedaan Public Relations Dan Corporate Communication? Ā 

Bagi Howard Newby sosiologi pedesaan tidak hanya berkutat pada studi tentang bagaimana perilaku masyarakat desa melainkan bagaimana masyarakat desa beradaptasi dengan sistem kapitalis yang masuk ke dalam sistem sosial mereka.

Objek Kajian Sosiologi Pedesaan

1. Sistem Sosial Masyarakat Desa

Objek kajian utama sosiologi pedesaan adalah sistem sosial. Sistem sosial meliputi bagaimana masyarakat desa membuat sistem keteratutan sosial, menjaga ketertiban dan kententraman dan relasi hubungan sosial dan bagaimana cara penduduk pedesaan menanggapi adanya perubahan sosial.

2. Organisasi Dan Struktur Sosial

Organisasi dan struktur sosial meliputi bagaimana masyarakat desa membuat struktur organisasi seperti Ketua Rukun Tetangga, Karang Taruna, Kelompok Tani dan organisasi-organisasi lainnya.

Di samping itu, sosiologi pedesaan juga mengkaji bagaimana tranformasi sosial, pengetahuan dan teknologi merubah pola organisasi dan struktur desa.

3. Tata Kelola Pemukiman Desa

Ojbjek kajian ilmu sosiologi setelah sistem sosial masyarakat adalah tata kelola pemukiman desa. Secara geografis pedesaan yang ada di gunung dengan pedesaan yang ada di pinggir pantai ternyata memiliki tata kelola pemukiman desa yang berbeda.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Ilmu Kesejahteraan Sosial Untuk Anak Muda

Oleh karena itu, meneliti pola pemukiman desa mengunakan metode ilmiah akan mengetahui pola keteraturan dan hal-hal yang mengakibatkan feneomena sosial tata kelola tersebut terjadi.

Di samping itu, dengan penelitian ilmiah akan menjadi referensi dalam kajian sosiologi pedesaan ke depan.

4. Proses Sosial Masyarakat

Proses sosial masyarakat meruapakan bagian penting dalam studi sosiologi pedesaan karena menjadi akar pembahasan. Dari proses sosial kita akan memahami perubahan demi perubahan terjadi berdasarkan sejarah.

Di sisi lain, kita akan menemukan pola kenapa proses perubahan sosial tersebut terjadi berserta dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Fungsi Sosiologi Pedesaan

1. Mengetahui Fungsi dan Peran Desa

Dengan mempelajari sosiologi pedesaan kita akan mengetahui peran dan fungsi desa dalam melakukan proses pembangunan. Di samping itu, dengan sosiologi pedesaan kita akan tahu strategi yang cocok dalam membangun desa.

2. Meneliti Transformasi Perkembangan Desa

Dengan mempelajari sosiologi pedesaan kita akan mengetahui tarnsformasi perubahan sosial di tengah masyarakat desa berserta faktor-faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhinya.

Baca Juga : 10 Manfaat Belajar Linguistik Untuk Anak Muda

3. Menentukan Target Pembangunan

Pembangunan desa tidak bisa dilakukan atas dasar program namun harus melalui kajian sosiologi pedesaan agar pembangunan tetap sasaran dan sesui kebutuhan.

4. Memperkaya Sudut Pandang

Dengan melakukan kajian sosiologi pedesaan dapat memperkaya sudut pandang sebad antara satu desa dengan desa yang lain belum tentu mengalami perubahan sosial yang sama.

Sekian penjelasan mengenai sosiologi pedesaan kali ini, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya terkait sosiologi. Selamat membaca!

Tulisan Terkait: